Rusak Lingkungan, Yogyakarta Awasi Pembangunan Hotel Baru

0
1171

YOGYAKARTA, BISNISWISATA.CO.ID: Pemerintah Kota Yogyakarta akan mengawasi proses perizinan hingga pembangunan hotel di daerah ini secara ketat meskipun terkendala keterbatasan sumber daya manusia. Pembangunan hotel baru ada yang merusak lingkungan.

“Saat hotel melakukan pembangunan, kami menerjunkan petugas ikut mengawasi guna memastikan agar pembangunannya sesuai dengan perencanaan. Terkadang bukan hanya bidang pengawasan yang terlibat, tetapi bidang- bidang lain untuk menyiasati keterbatasan petugas,” kata Kepala Dinas Perizinan Kota Yogyakarta, Heri Karyawan, di Yogyakarta, akhir pekan lalu.

Salah satu pengawasan yang dilakukan adalah pada proses pembangunan hotel di Jalan Pajeksan Nomor 10 Yogyakarta karena menimbulkan dampak pada longsornya tanah di bawah pagar pembatas SMP Negeri 3 Yogyakarta. “Kami sudah menerjunkan petugas ke sana dan mendokumentasikan kerusakan yang ada. Surat untuk pemilik hotel agar segera memperbaiki kerusakan juga sudah dilayangkan meskipun pemilik berada di luar kota,” kata Heri.

Seluruh pemilik atau kontraktor pembangunan hotel, lanjut dia, bertanggung jawab terhadap sistem pelaksana pembangunan sehingga apabila terjadi kerusakan atau kejadian apa pun saat pembangunan menjadi tanggung jawab pelaksana proyek.

“Harapannya, pelaksana proyek pun selalu melakukan pengawasan dan melaksanakan pembangunan sesuai dengan standar yang sudah ada. Jangan hanya mengejar keuntungan,” ungkapnya seperti dilansir laman Antara, Rabu (11/2/2015).

Longsornya tanah di pagar pembatas sekolah itu kini sudah ditangani oleh pelaksana proyek pembangunan hotel. Di sekitar lokasi longsor juga sudah diberikan papan peringatan karena banyak siswa yang berlalu lalang di lokasi tersebut.

Kepala SMP Negeri 3 Yogyakarta, Sofwan, mengatakan pihaknya berharap perbaikan pagar tersebut bisa segera diselesaikan demi keamanaan siswa dan berharap proses pembangunan hotel bisa dilakukan dengan lebih hati-hati. SMP Negeri 3 Yogyakarta melahirkan berbagai tokoh, di antaranya Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X. ****

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.