Wisatawan Nginap di Kupang Kian Merosot

0
686

KUPANG, test.test.bisniswisata.co.id: Ketua Dewan Pimpinan Daerah Perhimpunan Hotel Republik Indonesia daerah Nusa Tenggara Timur, Leonard Arkiang mengatakan jumlah wisatawan yang menginap di Kupang selama bulan Juli 2015 tercatat 14.823 orang.

Dari 14.823 orang wisatawan yang meninap di Kupang pada Juli 2015, terdiri dari 12.131 orang wisatawan nusantara dan 2.692 orang wisatawan mancanegara.

Tingkat Penghunian Kamar (TPK) Hotel berbintang di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada bulan Juli 2015 sebesar 44,72 persen atau mengalami penurunan 7,45 poin dibanding TPK Juni 2015 sebesar 52,17 persen.

Untuk mencegah hal itu (penurunan), PHRI katanya terus mngimbau anggotanya untuk mengemas dan menyediakan program dan layanan jasa yang baik dan maksimal kepada para tamunya sehingga menarik minat tamu hotel.

“Kemaslah program dan layanan sesuai dengan situasi dan kondisi yang tengah dijalani mitra dan relasi termasuk tamu lain seperti paket murah dan menarik calon tamu,” katanya.

Dengan demikian katanya, tidak ada istilah bulan sepi dan lainnya, karena pandai membaca situasi dan kreatif mengemas program yang menarik dan mudah dijangkau mitra dan relasi atau tamu lain sekalipun.

“Kita berharap pelayanan terhadap tamu dari waktu ke waktu semakin baik seperti disyaratkan dalam Undang-Undang No.10 tahun 2009 tentang Kepariwisataan yang mengatur tentang standar kriteria penggolongan kelas hotel,” katanya.

Dia mengatakan Kementerian Budaya dan Pariwisata telah menetapkan standar penilaian bagi usaha hotel di Indonesia pada 2010, untuk meningkatkan kualitas pelayanan bagi usaha hotel di Indonesia.

“Standar usaha merupakan persyaratan baku yang harus dipenuhi oleh usaha pariwisata yang mencakup aspek produk, pelayanan dan pengelolaan usaha, serta memenuhi unsur kenyamanan, keselamatan, keamanan dan sanitasi yang higienis,” katanya.

Karena hotel sebagai bangunan yang menjalankan fungsi pelayanan umum juga diwajibkan untuk memenuhi semua persyaratan kelengkapan fasilitas untuk pelayanan fisik maupun non-fisik kepada para tamunya.

Pada bulan sebelumnya (Juni 2015) kata dia TPK Hotel berbintang di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) sebesar 52,17 persen, atau justru mengalami kenaikan 4,84 poin dibanding TPK Mei 2015 sebesar 47,33 persen.

Sementara jumlah tamu menginap pada hotel bintang bulan Juni 2015 sebanyak 15.879 orang dengan rincian 14.234 orang tamu nusantara dan 1.645 orang tamu mancanegara.

Dengan rata-rata lama tamu menginap di hotel berbintang pada bulan Juni 2015 selama 2,09 hari.Sedangkan rata-rata lama tamu nusantara menginap selama 2,08 hari dan rata-rata lama tamu mancanegara menginap selama 2,21 hari. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.