Wisatawan ‘Love Lock’ Geram

0
1311

PARIS, test.test.bisniswisata.co.id: Jembatan Pont des Arts di Paris, Prancis yang sangat terkenal dengan jembatan gembok cinta, kini dipasangi panel kaca untuk mencegah para pengunjung memasang gembok di pagar jembatan tersebut. Akibat tindakan pemerintah tersebut, wisatawan yang datang ke tempat ini sangat geram.

Beberapa hari belakangan, jembatan ini kian ramai diperbincangkan di salah satu jejaring sosial, yakni Facebook yang bertemakan No Love Lock Campaign atau Kampanye Antigembok Cinta. Kampanye tersebut berisikan penolakan terhadap kebiasaan memasang gembok di pagar lalu membuang kuncinya ke sungai yang dianggap semakin berlebihan dan berujung pada vandalisme.

Akibat dari hal tersebut, pemerintah Prancis segera memasang panel kaca sebagai ganti dari pagar agar tidak bisa dipasangi gembok kembali. Namun sikap tersebut masih menimbulkan pro dan kontra di kalangan wisatawan maupun penduduk lokal hingga akhirnya sekelompok orang yang geram menggambar sebuah mural di panel kaca tersebut sebagai aksi penolakan.

Seperti yang dilansir dari Dailymail, Rabu (7/1) seorang pendukung kampanye tersebut melontarkan sebuah komentar menentang mural yang dibuat di panel kaca tersebut. Ia mengatakan bahwa panel kaca di jembatan PDA telah digambar dengan sangat buruk. Gambar tersebut telah merusak citra Paris yang dikatakan sebagai preciosa (indah/cantik) menjadi feo (jelek).

“Apakah sudah tidak ada lagi rasa hormat di Paris? Hal ini menunjukan bahwa ‘gembok cinta’ telah melahirkan lebih banyak vandalisme. #banlovelocks,” ungkap seorang komentar di Facebook.

Di sisi lain, tidak sedikit orang yang menyayangkan pemasangan panel kaca di jembatan tersebut. Seorang komentar lainnya yang kontra akan hal tersebut mengungkapkan, akibat pemasangan panel kaca, gembok cinta sebagai ikon dari kota Paris pun menjadi hilang. Keunikan Pont des Arts hanya sebatas kenangan dan jembatan ini akan sama seperti yang lainnya.

“Mungkin alangkah lebih baik jika jembatan tersebut dipasangi CCTV untuk merekam segala tindakan vandalisme yang bertentangan dengan hukum ketimbang menggunakan panel kaca sebagai solusi,” kata komentar tersebut. (marcapada@yahoo.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here