Wisatawan Dilarang Berenang di Pantai Selatan Garut

0
572
Pantai Rancabuaya Garut Pantai Selatan

GARUT, Bisniswisata.co.id: Sepanjang pantai selatan Kabupaten Garut dinyatakan berbahaya untuk melakukan aktivitas berenang. Karena itu wisatawan dilarang berenang maupun melakukan aktisivitas lainnya di pesisir Selatan Garut. Tercatat ada delapan pantai di Garut yang kerap dikunjungi wisatawan yakni Pantai Rancabiaya, Santolo, Sayang Heuyang, Cijeruk Indah, Puncak Guha, Karang Parenje, Manalusu dan Cica Lobnak.

“Saat ini kondisi arus laut Pantai Selatan cukup kuat disertai ombak besar. Sehingga tidak ada lokasi aman untuk berenang bagi wisatawan. Kami menyarankan jangan mengambil resiko dengan kondisi alam yang tengah tidak bersahabat,” papar Kepala Satpolairud Polres Garut, AKP Tri Andri di Garut, Senin (22/05/2017).

Dia menyarankan kepada wisatawan yang ingin berenang, untuk melakukan aktivitas air itu di kolam renang. “Di kolam renang saja bila ingin berenang, jangan di pantai,” ujarnya.

Tri menyebut, pantai selatan Garut membentang sepanjang 84 km, dengan 11 objek wisata. Kondisi cuaca, membuat seluruh lokasi tersebut tidak aman bagi wisatawan untuk kegiatan olah raga air. “Banyak kejadian menimpa wisatawan, karena mereka tidak menaati aturan dan keselamatan diri,” ucapnya.

Sejak awal 2017 hingga saat ini, jumlah korban wisatawan yang terseret arus laut mencapai sembilan orang. Peristiwa pertama, terjadi pada awal Januari 2017 lalu, yakni ketika seorang mahasiswa Unikom tewas terseret ombak di Pantai Cikaso.

“Selanjutnya menimpa karyawan perbankan yang terseret bersama sepeda motornya. Korban lainnya menimpa dosen dan mahasiswa meninggal dunia setelah terbawa arus ombak, kemudian terakhir lima santri dari Depok juga tewas terseret ombak di Pantai Rancabuaya, pada Selasa 16 Mei 2017,” bebernya.

Cukup berbahayanya wisata laut bagi wisatawan, membuat petugas terkait memasangi rambu-rambu bahaya sepanjang pantai untuk menjaga keselamatan. Selain papan larangan, tambah Tri, pihak berwenang pun sudah mengimbau warga dan wisatawan untuk waspada.

“Kami sudah imbau dan pasang plang larangan berenang demi keselamatan diri. Upaya antisipasi korban jiwa di lokasi wisata pantai harus mendapatkan perhatian semua pihak, termasuk pemerintah, masyarakat, juga wisatawan untuk selalu waspada,” tandasnya. (*/day)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.