WisataLokal, Aplikasi Panduan Wisata bagi Wisatawan

0
1123

BANDUNG, test.test.bisniswisata.co.id: Aplikasi pariwisata Indonesia terus bermunculan. Kini, sebuah aplikasi baru yang menunjukkan berbagai lokasi wisata di Indonesia, meluncur gratis menjelang akhir 2014. Informasi tempat wisata yang sudah termuat dalam aplikasi bernama WisataLokal tersebut berjumlah 1.500-an lokasi. “Targetnya sampai 12 ribu tempat wisata,” kata Mico Wendy, ketua tim pembuat aplikasi WisataLokal, di Bandung, Jumat (12/12/2014).

Aplikasi ini, bisa diunduh untuk perangkat telekomunikasi bergerak bersistem operasi Android dan Windows sejak Selasa lalu. Pembuatannya memakan waktu selama tiga bulan, untuk memenuhi keingin tahuan orang soal lokasi wisata di Indonesia.

“Juga supaya pariwisata lokal terangkat, pengguna bisa menambahkan lokasi wisata yang belum ada di daftar pencarian,” ujar lulusan Teknik Sipil dan magister manajemen ITB itu.

Fitur aplikasi tersebut yaitu, Point of Interest lokasi wisata yang dibagi menjadi kota atau kabupaten, provinsi, taman nasional, dan pulau. Kemudian ada fitur untuk foto, peta, artikel, peringkat dan tinjauan tempat, serta bisa dibagikan ke media sosial. Pengguna aplikasi, kata Mico, diharapkan ikut serta berbagi informasi, tinjauan, dan foto lokasi wisata.
“Supaya pengguna lain akan juga terbantu dengan informasi terbaru. Memang target dari WisataLokal dapat menjadi one stop solution bagi pengguna ponsel yang tinggal di Indonesia, bahkan wisatawan asing pun membuka dengan mudah,” ujar Mico.

Untuk pemuatan isi lokasi wisata sementara ini, dikumpulkan tim dari berbagai sumber, seperti buku, Internet, dan cerita kawan. “Fitur selanjutnya akan dilengkapi dengan budaya, seperti tari dan rumah adat,” ujarnya. Beberapa aplikasi sejenis sebelumnya, memuat lokasi wisata per daerah atau kota. Menurut Mico, timnya masih terus menyempurnakan sistem agar saat pemuatan data, pengguna bisa mengaksesnya secara cepat.

Indonesia yang terdiri dari 34 provinsi 500-an daerah tingkat dua dan tersebar di 17-an ribu pulau memiliki banyak sekali tempat tujuan wisata, dengan berbagai tempat, flora, fauna, kebudayaan yang sangat beragam dan indah. “Pasti masih sangat banyak lokasi wisata yang belum diketahui oleh masyarakat kita,” kata Mico.

Namun karena demikian banyak tempat wisata, pasti banyak juga yang belum masuk di Wisatalokal. Karena itu pengembang aplikasi ini mengajak pengguna untuk turut memperkaya informasi. “Pengguna apps ini diharapkan turut serta dalam memberikan informasi, review, rating, photo untuk tempat-tempat tersebut. Sehingga nantinya pengguna lain akan juga terbantu dengan informasi yang makin update,” kata Mico sambil menambahkan untuk iOS sedang dikerjakan.

Untuk mengunduh aplikasi ini silahkan buka lewat Link berikut ini: Website: www.wisatalokal.net

Android Store: https://play.google.com/store/apps/details?id=net.wisatalokal atau http://bit.ly/wisatalokal

Windows Phone Store: http://www.windowsphone.com/en-us/store/app/wisatalokal/e8ca9456-55a4- 4744-b81d-a30bcb29cd96 atau http://bit.ly/wisatalokalwp

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.