Wisata Selancar, Kaki Peselancar Digigit Hiu di Byron Bay

0
415
(Foto: BlogQpot)

BYRON BAY, bisniswisata.co.id: Ingin menikmati wisata selancar malah membawa petaka. Seorang wisatawan pria digigit kakinya oleh hiu di dekat Byron Bay, pesisir utara New South Wales. Setelah kejadian, Sirene dibunyikan untuk mengosongkan perairan dan pantai ditutup. Sejumlah orang dilaporkan tidak mempedulikan peringatan tersebut.

Seorang warga yang menyaksikan serangan itu, Geoffrey Knapp mengatakan korban adalah bagian dari kelompok peselancar. Senin pagi (24/10) memang terlihat ada lumba-lumba berenang bersama para peselancar. “Saya melihat dua orang peselancar mulai mengayuh papan selancar mereka dengan cepat ke arah pantai dan saya menduga ‘ini sedikit aneh’, mungkin mereka ketakutan oleh lumba-lumba dan mereka keliru lumba-lumba itu ternyata hiu,“ kata Knapp, seperti dilansir www.australiaplus.com, Selasa (25/10.2016).

“Teman saya melambaikan tangan padaku. Dia juga menuju ke pantai jadi saya tahu ada sesuatu yang salah. Kami berempat berlari menuju ke pantai. Knapp mengatakan mereka menggunakan perangkat pertolongan pertama dari mobilnya untuk mengurus tiga buah luka tusukan di bagian paha korban,” sambungnya.

Layanan darurat tiba di lokasi serangan hiu dan korban dilarikan ke Rumah Sakit Byron Bay. Polisi NSW mengatakan pria berusia 36 tahun mendapat luka tusukan di bagian atas paha kirinya. Korban dibolehkan meninggalkan rumah sakit setelah luka ringan yang dideritanya diobati.

Ahad (23/10), ratusan orang berkumpul di Ballina di Pesisir Utara memprotes rencana pemasangan jaring ikan hiu di kawasan tersebut. Bulan lalu, Cooper Allen, remaja berusia 17 tahun digigit ikan hiu di paha atasnya saat sedang berselancar di Pantai Lighthouse di Ballina, di pesisir Utara NSW.

Cooper berhasil dibantu ke tepian oleh seorang teman berselancarnya dan luka-luka yang dialaminya tidak terlalu parah. Senin (24/10), Pemerintah NSW memperkenalkan UU Jaring Ikan Hiu ke parlemen bulan depan untuk mulai melakukan percobaan pemasangan jaring ikan hiu itu selama 6 bulan di pantai utara pada saat liburan sekolah di musim panas.

Menteri Industri Primer NSW, Niall Blair mengatakan pemerintah menyusun undang-undang mengatur penggunaan jaring sehingga percobaan ini bisa dimulai secepatnya. “Memastikan [keamanan] di pantai utara merupakan prioritas dalam percobaan ini dan inilah yang akan menjadi fokus kami. Kita memasang jaring antara Newcastle dan Wollongong dan jaring terbukti berhasil. Itu sebabnya kami memperluas pemasangan jaring ini untuk diuji coba di pantai utara selama enam bulan,” katanya.

Wali Kota Byron Shire, Simon Richardson mengatakan Pemerintah NSW tidak mengacuhkan desakan mendanai penelitian mengenai keamanan hiu selain dengan menggunakan jaring di kawasan ini. Dia menginginkan dukungan keuangan untuk sejumlah tindakan yang telah dilakukan oleh dewan pemerintah lokal untuk melindungi perenang dan juga peselancar. “Dewan pemerintah lokal baru-baru ini membiayai sendiri program pemantauan hiu tanpa ada dukungan dari pemerintah,” kata Richardson.

“Program ini sangat sukses, kami telah meminta kembali dukungan untuk melakukan uji coba program ini di pantai-pantai termasuk Broken Head, kami telah meminta dukungan untuk mendanai penggunaan perangkat gyrocopter selama satu tahun setengah tahun. Jadi saya kira masyarakat semakin frustasi karena hasil riset independen yang dipimpin oleh pemerintah negara bagian dan program yang telah dilakukan dewan Byron ternyata diabaikan,” katanya.

Simon melanjutkan, posisinya menentang jaring ikan hiu, tapi menyerahkan sepenuhnya pada masyarakat. “Menurut saya jaring ikan hiu bukan [solusi] untuk daerah Byron, tapi kita semua harus menunggu apakah akan ada protes keras mengenai kebijakan ini. Saya kira penting bagi kita untuk mencari solusi dari masalah ini ketimbang meresponnya secara emosional,” katanya.

Juru bicara Partai Buruh di Pesisir Utara NSW, Walt Secord, mendukung jaring hiu ini dan menghendaki jaring tersebut dipasang secepatnya. “Saya kira jaring itu harus dipasang paling lambat besok Selasa (25/10). Pemerintah NSW telah berjanji selama berbulan-bulan yang lalu, mereka telah juga menggelar pertemuan membahas masalah ikan hiu ini setahun yang lalu, dan mereka katakan akan menulis ke Perdana Menteri sekitar sebulan yang lalu. Sekarang waktunya mereka berhenti membuat alasan dan memasang jaring hiu tersebut,” kata Secord. (*/AP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.