Wisata MICE Optimis Dongkrak Kunjungan Wisman

0
1013

TANGERANG SELATAN, test.test.bisniswisata.co.id: Sepanjang tahun 2016, wisata MICE (meeting, incentives, conferences, dan exhibition) di Indonesia mengalami pertumbuhan yang signifikan. Bahkan, kalangan pengusaha MICE optimis MICE mampu mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) sekaligus meningkatkan perekonomian.

“Kami optimis, Indonesia Confention Exhibition (ICE) pada tahun 2016 menggelar berbagai nasional dan internasional yang lebih banyak lagi dibandingkan tahun 2015,” ungkap Teddy Surianto, Director ICE kepada test.test.bisniswisata.co.id disela-sela media gathering Pekan Raya Indonesia di gedung ICE BSD Serpong, Kamis.

Memang, sambung Teddy, event MICE yang digelar di ICE pada tahun 2015, sangat sedikit. Mengingat, gedung pameran yang terbesar di Asia Tenggara ini baru dibuka oleh Presiden Joko Widodo pada Agustus 2015.

“Namun, kami sudah optimal menggelar berbagai event yang sangat luar biasa. Seperti pameran mobil Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015, dimana jumlah pengunjugnya membludak, World Of Gaming, ada pagelaran musik dan lainnya, yang mampu menjadi daya tarik bagi wisatawan nasional dan internasional untuk datang,” ucapnya.

Tahin 2016, ICE bakal lebih banyak menggelar event exhibition dan conference juga entertaiment. Seperti Indo Biltex, corporate event, Pekan Raya Indonesia, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016. “Juga ada beberapa pameran skala internasional yang masih dalam negoisasi.,” tambahnya.

Apalagi, kini ICE sudah dioperasionalkan secara profesional oleh Deutsche Messe, salah satu pimpinan kelas dunia yang berpusat di Hanover Jerman dibidang penyelenggaraan pameran, juga merupakan operator dari beberapa pusat pameran terbesar di dunia.

“Jadi kami optimis conferences dan exhibition yang digelar di ICE BSD Serpong akan lebih banyak, lebih lebih variatif juga lebih banyak menyedot wisman datang ke Indonesia,” paparnya.

Diakuinya, saat ini kunjugan wisatawan asing ke Indonesia masih kalah jauh dibandingkan negara tetangga Singapura yang mampu mdidatangi 12 juta turis asing. Juga Malayisa sudah mencapai 25 juta pelancong asing. Sementara kunjungan wisman ke Indonesia dibawah 10 juta per tahun.

“Ini harus digenjot lagi jumlah kunjungan wisman agar datang ke Indonesia. Salah satunya ya diperbanyak wisata MICE. Saya optimis wisata MICE mampu mengangkat jumlah kedatangan wisatawan asing ke Indonesia,” tambahnya.

Ditambahkan untuk mengantisipasi jumlah kunjungan ke ICE pada tahun 2016, melakukan penambahan jumlah lahan parkir yang lebih banyak menampung mobil pengunjung, juga menambah sistem pengaman CCTV lebih banyak agar pengunjung bisa aman, nyaman saat berada di ICE. “ICE juga menambah shutel bus agar memudahkan pengunjung bisa akses ke ICE dengan mudah,” lontarnya. (endy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.