Wisata Menyelam ke Bangkai Titanic Ditawarkan Wisatawan

0
869
Bangkai kapal Titanic, ditawarkan wisatawan

LONDON, Bisniswisata.co.id: Blue Marble Private, perusahaan wisata bermarkas di Lonon menawarkan kesempatan bagi sembilan wisatawan untuk menyelam dan melihat langsung bangkai kapal karam termahsyur, Titanic. Wisata Penyelaman akan dilakukan Mei 2018.

Menurut situs perusahaan tersebut, wisatawan bisa menyelam untuk melihat puing kapal Titanic dengan kapal selam titanium dan serat karbon yang dirancang khusus. Tentu saja dipandu oleh para ahli.

“Turis juga akan menjelajahi puing-puing Titanic yang tersebar luas, tempat artefak berserakan di dasar laut, dan hampir tidak terganggu selama lebih dari satu abad,” demikian menurut pendiri Blue Marble Private, Elizabeth Ellis, seperti dikutip dari VOA News, Senin (27/3/2017).

Paket perjalanan pertama sudah habis terjual. Padahal untuk bisa melihat lanngsung bangkai Titanic, mereka yang berminat harus merogoh kocek dalam-dalam, yakni US$ 105.129 per orang atau sekitar dua kali lipat biaya yang dikenakan oleh Deep Ocean Expeditions ketika membawa turis ke bangkai Titanic pada 2012.

Waktu yang tersisa untuk mengunjungi puing-puing terkenal tersebut mungkin tidak lama lagi. Penelitian tahun 2016 menyebutkan ‘bakteri extremophile’ kemungkinan besar akan menghancurkan sisa-sisa kapal nahas tersebut dalam kurun waktu 15 hingga 20 tahun mendatang.

Mikroba yang memakan besi oksida ditemukan membentuk karat yang menyerupai stalaktit di puing kapal Titanic yang terkenal. Nama bakteri itu adalah Halmonas Titanicae. Titanic diperkirakan bakal binasa pada tahun 2030.

Kapal Titanic ditemukan terbaring di titik 600 kilometer tenggara Newfoundland pada kedalaman 12.000 kaki atau sekitar 4 kilometer di dasar laut, pada 1 september 1985. Kapal yang konon ‘tak bisa tenggelam’ itu diketahui keberadaannya 73 tahun dan 138 hari sejak karam pada 15 April 1912. Sejak saat itu sejumlah orang berwisata mengunjungi Titanic. Tertarik? (*/VOA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.