Wisata Balai Kota Diwarnai Pameran Foto Lenong Rumpi

0
589
Pameran foto Lenong Rumpi (Foto: beritajakarta.com)

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Suasana berbeda mewarnai Wisata Balai Kota Jakarta, pada 26-27 November 2016. Bedanya, Lenong Rumpi – drama komedi Betawi yang pernah sukses di layar kaca dan layar lebar menggelar pameran foto untuk memperingati 25 tahun mereka berkarya.

Pameran dibuka Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta Sumarsono, Jumat (25/11) malam, diinisiasi para pemeran “Lenong Rumpi”. Tokoh Lenong Rumpi seperti Harry de Fretesm Debby Sahertian, Ferina Widodo dan Tina Toon nampak bangga hasil karyanya dipajang di wisata Balai Kota DKI yang selama ini dibanjiri wisatawan lokal, nasional bahkan internasional.

“Lenong rumpi tidak boleh terkubur begitu saja, harus dilestarikan terus. Membangun Jakarta harus dengan nuansa Betawi. Kami sangat mendukung penuh pameran ini karena merupakan salah satu cara melestarikan kebudayaan betawi di Ibukota,” kata Sumarsono, saat membuka Bejana Perak 25 Tahun Lenong Rumpi,

Diakui sangat bangga dengan karya-karya yang telah dihasilkan oleh Lenong Rumpi selama ini. Namun tetap pelestarian budaya Betawi harus mendapat dukungan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. “Jakarta tidak boleh melupakan budaya aslinya itu sebagai pondasi,” tuturnya.

Diusulkan agar foto-foto Lenong Rumpi tidak hanya dipamerkan saat ini saja. Tetapi seterusnya bisa dipamerkan di Balai Kota DKI Jakarta. Terlebih setiap akhir pekan Balai Kota dibuka untuk wisata, dengan jumlah pengunjung mencapai 300-600 orang.

“Dengan adanya foto-foto Lenong Rumpi saya yakin akan memperindah Balai Kota ini. Kalau perlu jangan hanya dipasang dua hari ini saja, ada replikasi satu kotak khusus dipasang di Balai Kota. Jakarta adalah Betawi, Betawi adalah Jakarta,” ujarnya.

Ketua Panitia Bejana Perak 25 Tahun Lenong Rumpi, Harry de Fretes mengatakan, tujuan dibuatnya pameran ini agar generasi muda bisa melihat karya Lenong Rumpi sejak awal. Sehingga diharapkan mereka bisa ikut melestarikan kebudayaan Betawi.

“Tujuan dibuat supaya dari generasi muda bisa lihat dari foto dulu perjuangan melestarikan budaya Betawi. Diharapkan ke depan bisa diteruskan sama generasi muda. Dan semoga tidak terbuang begitu saja, tidak sia-sia tapi juga bisa memberikan satu inspirasi bagi generasi muda,” tandasnya.

Harry de Fretes menyampaikan dia ingin foto-foto yang ada di pameran ini menjadi bukti.Foto-foto itu akan berbicara kepada pengunjung bahwa mereka melestarikan budaya Betawi sejak dulu. “Semoga yang kita lakukan tidak terbuang begitu saja,” tambahnya.

Pameran Lenong Rumpi di Balai Kota DKI berupa foto-foto para pemarin film tersebut. Semisal, pengunjung bisa meligat foto artis Titi DJ kala muda bersama Robby Tumewu. Ada juga foto-foto cuplikan film mereka ketika itu. Warga Jakarta yang ingin bernostalgia dengan Loneng Rumpi bisa hadir ke Balai Kota akhir pekan ini. (endy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.