Waspada, Buaya Muara Berkeliaran di Obyek Wisata Pantai Lasiana

0
866
Pantai Lasiana Kupang (Foto: Tribunnews.com)

KUPANG, test.test.bisniswisata.co.id: WISATAWAN yang berwisata di destinasi wisata Pantai Lasiana, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) dimanta hati-hati dan waspada. Pasalnya, masih ada buaya muara yang berkeliaran di sekitar obyek wisata itu. Pantai Lasiana, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Memang, desatinasi wisata ini kerap dikunjungi wisatawan domestik di saat akhir pekan maupun liburan.

Untungnya, seorang warga yang mengetahui binatang ganas ini segera melapor ke Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) NTT. Menanggapi laporan tersebut, tim BKSDA NTT melakukan pengintaian dan berhasil menangkap seekor buaya jantan, yang panjangnya mencapai tiga meter dan lebar 70 sentimeter.

“Buaya langsung kita kandangkan, agar tidak membahayakan wistawan yang berkunjung ke pantai ini,” terang Kepala Bidang Teknis BKSDA NTT, Maman Surahman, di Kupang, Jumat (18/12/2015).

Maman menjelaskan, usai diperiksa dan diberi obat, buaya muara jantan ini langsung dimasukkan ke penangkaran sementara. Kuat dugaan masih banyak buaya berkeliaran di sekitar pantai lasiana. Mengingat, sejumlah nelayan sering melihat keberadaan buaya tengah nongkrong di pantai . “Kita dari BKSDA pun telah menempel sejumlah papan pemberitahuan di sepanjang pesisir pantai asiana,” ujarnya.

Pantai Lasiana, berada di wilayah Kelurahan Lasiana, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang itu menjadi sarana hiburan wisata alam bagi wisatawan lokal, untuk melepas kepenatan dengan kondisi panasnya cuaca Kota Kupang. Kekhasan Pantai Lasiana dibandingkan dengan pantai lain yakni memiliki ombak yang tenang, air yang bening serta dasar pantai yang sepenuhnya pasir putih tanpa karang.

Kondisi ini membuat pantai Lasiana cocok untuk berenang, berjemur, atau sekedar dinikmati keindahannya. Pantai Lasiana mempunyai kawasan dengan luas lahan sekitar 3,5 hektar. Pada bagian barat pantai bisa terlihat daratan yang membentuk bukit kecil. Bukit kecil ini menjadi latar belakang yang menambah keindahan Pantai Lasiana.

Juga banyak sekali pohon lontar yang menjulang tinggi dan nampak rapi sejajar. Selain itu, di sini juga terdapat arena bermain yang sayangnya kondisinya sudah tidak begitu bagus lagi. Juga terdapat perlindungan pantai untuk menanggulangi masalah gerusan ombak yang terus menerus mengikis Pantai Lasiana.

Bila tiba di pantai itu, Anda dapat menyaksikan di sepanjang pinggir pantai banyak terdapat pohon tinggi yang makin mempercantik pemandangan Pantai Lasiana. Tak jauh dari bibir pantai terdapat pohon-pohon kelapa dan pohon-pohon lontar tua yang hingga kini masih produktif dan dimanfaatkan warga setempat.

Kecantikan pantai Lasiana akan makin menampakkan sensasi dan pesonanya saat sore hari tiba. Anda bisa datang sekitar pukul 17.30 Wita untuk menyaksikan indahnya matahari terbenam dari bibir pantai Lasiana pada saat cuaca cerah. Keindahan terbenamnya matahari diapit puluhan tingginya pohon lontar makin mempesona saat dinikmati dari tempat parkir kendaraan bermotor. Untuk mengabadikan momen indah itu, jangan lupa Anda membawa kamera digital atau menggunakan kamera handphone saat matahari tenggelam di ufuk barat. (*/en)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.