Waspada, Aksi Tipu-tipu di Bandara Filipina Kian Merajalela

0
789
bandara Internasional Manila Ninoy Aquino Filipina

MANILA, test.test.bisniswisata.co.id: Kasus penipuan di bandara Internasional Manila Ninoy Aquino Filipina, telah membuat ketakutan bagi para wisatawan yang hendak mengunjungi negara tersebut dan juga pejabat setempat. Soalnya, penipuan kerap terjadi dengan melibatkan staf bandara dan petugas keamanan. Kini kasus dengan modus tipu-yipu kian merajalela, wisatawan diminta waspada.

Modusnya, staf bandara diduga sengaja memasukkan peluru ke dalam tas penumpang lalu meminta uang tutup mulut agar kasus tersebut tidak diproses. Dalam beberapa kasus, penumpang harus membayar sekitar US$ 10 (Rp 135 ribu)-US$ 640 (Rp 8,6 juta) dalam bentuk suap bawah meja.

Beberapa wisatawan telah menjadi korban praktek kotor tersebut. Seorang pekerja Filipina di luar negeri, Gloria Martinez, adalah salah satu korban. Dia ketinggalan pesawat ke Hong Kong karena ditahan selama beberapa hari setelah peluru ditemukan di tasnya.

Korban lain, turis Jepang Kazunobu Sakamoto, ditangkap setelah dua peluru ditemukan di bagasi. Dua orang Amerika juga ditemukan memiliki peluru saat mereka melewati Bandara Internasional Ninoy Aquino.

Seorang ditahan kemudian dibebaskan dengan jaminan, sementara seorang lagi diduga membayar “uang tutup mulut” kepada staf bandara untuk diizinkan naik ke pesawat seperti dikutip
Channel NewsAsia, Senin (09/11/2015).

Parlemen Filipina telah memerintahkan untuk melakukan penyelidikan atas insiden tersebut, yang dianggap mencoreng wajah negara itu. Bahkan petinju terkenal asal Filipina, Manny Pacquiao, menawarkan layanan hukum gratis kepada para korban penipuan. Insiden ini datang kurang dari dua minggu sebelum APEC Summit, di mana sekitar 20 pemimpin dunia, termasuk Presiden Amerika Serikat Barack Obama, diperkirakan hadir.

Menurut survei situs wisata The Guide to Sleeping in Airports, Bandara Internasional Manila Ninoy Aquino adalah bandara yang masuk peringkat terburuk di dunia pada 2011-2013. (*/ndy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.