Warga Cina Habiskan Rp 193,6 T demi Plesiran Liburan Imlek

0
373

BEIJING, bisniswisata.co.id: Liburan panjang memperingati pergantian tahun Cina (Imlek), begitu berarti bagi warga Cina (Tiongkok). Mereka siapkan dana jumbo untuk plesiran di masa liburan ini, atau disebut golden week ke berbagai negara tujuan wisata.

Seperti dikutip dari Xinhua, warga Cina akan menghabiskan dana 100 miliar yuan (atau Rp 193,6 triliun) untuk mengisi golden week-nya k negara lain.

Golden Week atau liburan panjang selama perayaan Imlek, memang momentum yang ditunggu-tunggu warga Cina. Jadi, wajar saja mereka siapkan dana jumbo untuk berkumpul bersama keluarga, selanjutnya berwisata ke negeri orang.

Sejak tahun 2000, pemerintah Cina telah memperpanjang tiga momentum hari libur utama, yakni Festival Musim Semi, May Day, dan National Day. Awalnya tiga hari libur diperpanjang menjadi tujuh hari atau seminggu.

Berdasarkan survei dari pemerintahnya, Amerika Serikat adalah negara terjauh yang menjadi pilihan warga Tiongkok. Sementara Inggris, Spanyol, Jerman, dan Swiss berada di peringkat selanjutnya.

Destinasi wisata lainnya seperti Australia, Selandia Baru dan Thailan, merupakan tujuan dengan jarak menengahnya. Sedankan Hong Kong dan Makau menjadi negara terdekat yang menjadi tujuan warga Cina.

Cina merupakan negara konsumtif terbesar untuk pariwisata luar negeri selama empat tahun berturut-turut, yang memberikan kontribusi sebesar 13% dari pendapatan wisata global.(*/NDY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.