Wakatobi Wajib Jaga Keaslian Eko Wisata

0
1379
Wakatobi (foto: jaccbook.blogspot.com)


WANGIWANGI, test.test.bisniswisata.co.id:
Warga Wakatobi wajib menjaga keaslian lingkungan alam, bahari dan keindahan bawah laut. Sehingga eko wisata Wakatobi tetap terjaga. Mengingat, keaslian lingkungan alam Wakatobi yang masih tampak bersih menjadi daya tarik luar biasa bagi para wisatawan, baik wisatawan mancanega maupun domestik untuk berkunjung di Wakatobi.

“Apalagi, di alam bawah laut kawasan Wakatobi memiliki keindahan terumbu karang dan keragaman hayati yang cukup tinggi dibandingkan dengan kawasan-kawasan lain yang ada di dunia,” lontar Mantan Menteri Lingkungan Hidup RI Erna Witular saat konfrensi UCLG – ASPAC di Patuno Resor Wangiwangi, Minggu kemarin.

Jika, lanjut Erna, keaslian lingkungan, terutama perairan laut Wakatobi masih bersih, terjaga keasriannya, tidak dirusak oleh ulah manusia, terus terjaga dan terpelihara dengan baik, maka eko wisata di wilayah ini akan berkembang dengan baik. Dampaknya kunjungan wisatawan mancanegara menmgalami grafik kenaikan yang luar biasa. “Keindahan alam bawah laut dan keanegakaragaman hayati di kawasan ini hanya akan menjadi daya tarik bagi wisatawan, bila lingkungan alam di kawasan tetap terjaga keaslian dan kebersihannya,” imbuh dia.

Dilanjutkan, agar para wisatawan bisa menjadikan Wakatobi sebagai daerah tujuan wisata, maka pemerintah dan masyarakat Wakatobi harus menjaga lingkungan Wakatobi dari berbagai pencemaran. “Sekecil apa pun potensi pencemaran lingkungan di kawasan ini, harus dicegah bersama-sama sehingga lingkungan Wakatobi tetap terpelihara secara berkelanjutan,” katan dia.

Bupati Wakatobi, Hugua mengatakan alam bawah laut Wakatobi dihuni 750 jenis terumbu karang dan 942 jenis ikan dan biota laut lainnya. “Di kawasan lain di dunia seperti di Laut Merah, hanya memiliki 300 dari 850 jenis terumbu karang yang ada di dunia,” papar dia.

“Itu artinya, hampir 90 persen jenis terumbu karang yang di seluruh dunia, ada di Wakatobi sebagai pusat segi tiga karang dunia. Pemerintah Wakatobi telah meletakan visi membangun Wakatobi, yakni menjadikan Wakatobi sebagai Surga Nyata Bawah Laut di Pusat Segi Tiga Karang Dunia. Dengan visi besar ini, maka pemerintah dan masyarakat Wakatobi berkomitmen akan terus menjaga keaslian, kebersihan dan keselamatan lingkungan di kawasan,” tutur dia. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.