Wouw, Tiga Maskapai Vietnam Borong 40 Airbus

0
367

HANOI, test.test.bisniswisata.co.id: Tiga maskapai Vietnam memborong 40 pesawat buatan Airbus asal Perancis dengan nilai US$6,5 miliar atau lebih dari Rp85 triliun. Pembelian ini disepakati dalam kunjungan Presiden Perancis Francois Hollande ke Vietnam dalam rangka meningkatkan kerja sama bisnis.

Diberitakan AFP, Selasa (06/09/2016), pembelian puluhan pesawat ini adalah langkah terbaru dalam peningkatan jumlah armada maskapai Vietnam demi memenuhi permintaan kelas menengah yang jumlahnya kian meningkat.

Hollande, presiden Perancis ketiga yang mengunjungi Vietnam sejak negara itu merdeka tahun 1945, mengatakan pembelian itu “sangat penting” dalam memperat hubungan kedua negara. “Kami sepakat untuk saling memperkuat demi membangun kemitraan ekonomi berbasis transfer teknologi,” kata Hollande setelah Airbus menandatangani kesepakatan dengan tiga maskapai, yaitu Vietjet, Vietnam Airlines dan Jetstar Pacific.

Vietjet, maskapai swasta yang dikenal dengan pramugari berbikininya membeli 20 pesawat. Juru bicara Airbus Sean Lee kepada AFP mengatakan, Vietjet merogoh kocek US$2,39 miliar untuk armada baru tersebut. Sementara maskapai nasional Vietnam Airlines dan maskapai Jetstar Pacific masing-masing membeli 10 pesawat baru Airbus dengan harga US$6,5 miliar.

Sebelumnya Mei lalu dalam kunjungan Presiden Barack Obama, Vietjet membeli 100 jet penumpang dari produsen pesawat asal Amerika Serikat Boeing dengan harga US$11,3 miliar. Pembelian Boeing itu merupakan transaksi tunggal terbesar dalam sejarah penerbangan Vietnam. (*/A)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.