Vending Machine Jepang Jual Sup Ikan Terbang Botolan

0
278
Mesin penjual ikan terbang botolan (Foto: dashidouraku.jpg)

TOKYO, bisniswisata.co.id: Mesin penjual otomatis biasanya hanya menjajakan berbagai minuman kaleng atau makanan kecil seperti cokelat. Kini, Jepang punya mesin penjual otomatis yang menyajikan berbagai kreasi makanan dan minuman aneh.

Selain minuman, mesin penjual otomatis di Jepang menjual sup jagung dalam kaleng. Bahkan, Jepang juga punya mesin penjual yang menghadirkan sup ikan terbang.

Mengutip Rocket News 24, Jumat (17/02/2017) mesin penjual otomatis itu merupakan milik Dashidouraku, perusahaan yeng bergerak menjual sop udon yang terkenal dengan jenis ikan terbangnya.

Dengan alasan permintaan sup ikan terbang yang semakin meningkat, Dashodouraku memutuskan untuk mengemas sup itu dalam botol 500 mililiter dan menjualnya.

Perusahaan itu lebih memilih memasarkan produknya melalui mesin penjual otomatis, ketimbang menyetoknya di supermarket atau restoran.

Kemasan sup itu menyerupai kemasan botol minuman lainnya seperti teh dan kola. Namun, sup ikan terbang ini tak bisa langsung diminum seperti minuman lainnya.

Sup ikan terbang ini sebenarnya adalah sup dashi atau kaldu. Sup dashi merupakan bahan makanan yang sangat diperlukan dalam masakan Jepang.

Dashi dapat memberikan citarasa khas jepang untuk miso sup, mi, hingga makanan yang dipanggang. Dashi dapat terbuat dari rumput laut, ikan sarde, jamur shittake, dan ikan terbang.

Agar tak diminum oleh orang-orang, khususnya yang tak bisa membaca tulisan Jepang, mesin itu memberikan pengingat dalam bahasa Inggris. “Jangan diminum. Ini merupakan mesin penjual dashi,” begitu tulisan yang tertera di mesin tersebut.

Mesin penjual dashi ikan terbang ini dapat dijumpai di berbagai lokasi di Jepang, seperti Tokyo, Osaka, Kyoto, dan Hiroshima. Setiap botol sup ikan terbang dijual seharga 700 yen atau sekitar Rp82 ribu.

Mesin itu menjual dua jenis dashi. Pertama, dashi reguler dengan rumput laut dan ikan terbang. Kedua, dashi premium dengan tambahan makarel. (*/NDI)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.