Upacara Melasti demi Promosikan Wisata Bahari Baru

0
641
Bali Foto: REUTERS/Agung Parameswara)

TANAH BUMBU KALSEL, Bisniswisata.co.id: Berbagai cara untuk mempromosikan wisata bahari baru. Di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), umat Hindu menggelar upacara persembahyangan Melasti, di Pantai Indah Lestari, Tanjung Batu dengan sebuah harapan bisa dikenal dan ramai dikunjungi wisatawan.

Acara Melasti yang baru pertama kali dilaksanakan di Pantai Indah Lestari Tanjung Batu ini, selain dilaksanakan umat Hindu yang tinggal di wilayah Kabupaten Tanbu, juga dilaksanakan umat Hindu yang tinggal di Kabupaten Tanah Laut, dan Kabupaten Kotabaru, serta wilayah kabupaten sekitar lainnya.

Acara ini, digelar bagian dari upaya Pemerintah Daerah Tanbu, melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporparbud) Tanbu, dalam rangka mempromosikan objek wisata maritim baru, yaitu wisata Pantai Indah Lestari Tanjung Batu.

Panitia pelaksana acara Melasti, I Putu Swastawan mengatakan, pihaknya selaku panitia mengucapkan rasa terima kasih kepada Pemerintah Daerah Tanbu. Karena selain berkenan hadir pada acara Melasti, juga telah memberikan dukungan penuh, sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik.

“Kami mengucapkan rasa terima kasih, khususnya kepada Bapak Bupati Tanbu, Mardani H. Maming dan pada umumnya Pemerintah Daerah Tanbu yang telah mendukung penuh, sehingga kegiatan acara Melasti dapat terselenggara dengan baik, ” kata I Putu Swastawan di Tanah Bumbu, seperti dilansir laman Merdeka.com, Senin (27/03/2017).

I Ketut Aman, Ketua Parisada Hindu Dharma Tanah Bumbu, juga mengucapkan terima kasih atas bantuan pendanaan sebesar Rp 300 juta dari pihak Pemda Tanah Bumbu. “Selain Melasti kami juga akan melaksanakan transplantasi terumbu karang yang bekerja sama dengan Dinas Perikanan, ” ujarnya.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Tanbu, Idjra’I mengatakan, momentum ini diharapkan dapat mempererat tali silaturahmi, dalam mewujudkan percepatan pembangunan di daerah.

“Lokasi tempat pelaksanaan Melasti ini, telah dihibahkan tanah seluas 4 hektare oleh pemerintah daerah, agar dikelola oleh masyarakat. Saat ini hanya tinggal menunggu proses administrasi surat hibahnya saja, ” pungkasnya.

Pantai Indah Lestasi ini menjadi wisata unggulan. Selain memiliki pantai yang indah, alam yang bagus juga keindahan bawah lautnya yang tidak kalah menarik.

Sebagai langkah awal pengembangan wisata Pantai Indah Lestari, saat ini sudah dilakukan survey terumbu karang menggunakan peralatan diving dan snorkeling untuk pemetaan zonasi terumbu karang untuk pengunjung kedepannya. Sejauh ini, sudah terdata sebanyak 25 gugusan terumbu karang yang siap memanjakan mata para pengunjung. (*/MDK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.