Turis China Terus Banjiri Bumi Nyiur Melambai

0
731
Turis China di Indonesia (Foto: http://www.traveldailynews.asia)

MANADO, bisniswisata.co.id: Inisiatif Provinsi Sulawesi Utara menggaet turis asing dengan membuka penerbangan langsung ke Manado menuai hasil positif. Per Januari 2017, Badan Pusat Statistik (BPS) melansir jumlah kunjungan turis asing melonjak. Jumlah turis asing didominasi China sebanyak 6.757 orang atau 82% terhadap total kunjungan wisatawan asing ke Bumi Nyiur Melambai.

Jumlah muhibah pelancong mancanegara ke Sulut naik dua kali lipat dibandingkan dengan Desember 2016. Bila dibandingkan secara tahunan, kunjungan turis asing ke Sulawesi Utara naik 12 kali lipat. “Ini tidak terlepas adanya penerbangan langsung ke Manado. Selain itu ada beberapa event besar seperti Christmas Festival dan Cap Go Meh di Januari,” ungkap Mohamad Edy Mahmud, Kepala BPS Sulawesi Utara, di Manado, Rabu (1/3/2017).

Sejak tahun lalu Bandara Sam Ratulangi di Manado sudah menerapkan kebijakan bebas visa untuk 169 negara. Pada tahun lalu, ada delapan penerbangan carter langsung dari China dan satu penerbangan regular langsung dari Singapura.

Alhasil, berkat penerbangan international langsung ke Manado dan juga kebijakan bebas visa, kunjungan wisatawan melalui Bandara Sam Ratulangi tumbuh 108,7% menjadi 40.624 orang. Pertumbuhan tersebut merupakan yang tertinggi dibandingkan dengan 18 pintu masuk lainnya. Secara rata-rata kunjungan turis asing di 19 pintu masuk tumbuh 11,41% menjadi 10,57 juta.

Tahun 2017 Sulut menargetkan kunjungan turis asing sebanyak satu juta pelancong. Sepanjang 2016, jumlah kunjungan turis asing mencapai 48.288 orang. Sementara itu, kunjungan turis domestik sepanjang tahun lalu tercatat 1,48 juta atau tumbuh 38,64% secara tahunan.

Ada banyak alasan untuk mengunjungi Manado. Wisata bahari dan kuliner bisa dijadikan pilihan. Sejumlah objek wisata yang patut dikunjungi ialah Taman Laut Bunaken, Taman Laut Tumbak, Pulau Siladen, Pulau Lembeh, Pulau Lihaga, Kampung Cina, Taman Tandurusa, sampai Kawasan Boulevard. (*/NDY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.