Tubuh Penari Bali Dibody Painting akan Lebih Ekspresif

0
2181
Body painting di Bali (Foto: http://beritadaerah.co.id)

DENPASAR, test.test.bisniswisata.co.id: Pakar Seni Tari Bali I Made Bandem mengapresiasi body painting atau seni lukis tubuh yang ditampilkan 30 mahasiswa dari Komunitas Bergambar, Program Studi Seni Murni, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar untuk peringati hari Bumi.

Tema The Bird yang diangkat Komunitas Bergambar sangat berbeda dari tema body painting profesional di Bali. “Saya kira ini salah satu tindakan yang bagus mengembangkan kesenian,” katanya seperti diunduh laman Tempo.co, Ahad (1/5/2016).

Bandem menilai perkembangan body painting di Bali mendapat pengaruh dari budaya internasional. Saat ini, para perupa body painting perlu melakukan banyak ekperimen.

“Bagi saya, seni body painting ada banyak tantangan untuk mencari karakter yang tepat karena bentuk tubuh wanita berbeda-beda,” tuturnya.

Menurut dia, tema burung ketika dituangkan dalam seni body painting jadi sangat menarik, karena biasanya burung identik dengan seni tari.

Diharapkan acara ini bisa lahir karya-karya yang lebih ekspresif untuk perkembangan dunia seni di Bali. “Suatu saat ini (body painting) bisa berkembang tidak hanya dilukis di tubuh model saja,” lontarnya.

Namun, sambung dia, penari-penari Bali yang pintar menari dilukis burung cendrawasih pasti bagus sekali. Sehingga Model yang bisa menggerakkan (lukisan) akan lebih ekspresif.

Bagi Bandem karya 30 mahasiswa semester dua Program Studi Seni Murni, ISI Denpasar itu cukup memiliki karakter. Meski masih ada beberapa kelemahan yang penting untuk diperbaiki. “Masih banyak garis yang tidak jelas, dan pemilihan warna walaupun sudah diatur dari awal,” tuturnya. (*/TO)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.