Tren Wisata 2017, Belize Negara Kecil dengan Kejutan Besar

0
746
Diving di Belize

BELIZE, bisniswisata.co.id: Amerika Latin bakal menjadi kunci utama dalam tren travel pada 2017. Seiring populernya Kolombia dan Costa Rika, sebuah negara kecil di pesisir timur Amerika Tengah, Belize, juga mulai mendapatkan perhatian banyak pelancong yang meminati pengalaman berlibur di alam terbuka.

Setidaknya, ada enam hal menarik yang bisa dilakukan oleh para pelancong selama mengunjungi negara yang berbatasan dengan Meksiko dan Guatemala ini. Seperti dilansir oleh The Malay Mail Online, Senin (19/12/2016) berikut ini ialah enam hal menarik yang sayang untuk dilewatkan di Belize bagi para pelancong pecinta alam terbuka.

01. Menyelami Sejarah

Para wisatawan bisa mendapatkan pengalaman wisata budaya yang menarik ketika mengunjungi sebuah situs purbakala bernama Xunantunich. Xunantunich merupakan sebuah situs purbakala dari Maya kuno yang terletak di perbatasan Guatemala. Sebagai situs kuno, para wisatawan bisa menikmati sisa reruntuhan dari suku Maya sekaligus mengabadikan lambang-lambang bersejarah tersebut dalam foto. Di sisi lain, situs ini juga dapat menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan bagi para wisatawan karena terletak di atas bukit.

02. Alam Liar yang Menawan

Belize Zoo atau Kebun Binatang Belize merupakan ‘rumah’ bagi berbagai spesies asli daerah ini. Sebagai salah satu tempat wisata ‘wajib’ bagi para wisatawan Belize, kebun binatang ini menampung hewan dari berbagai macam kondisi mulai dari hewan yang diselamatkan dari suatu kondisi, hewan yang direhabilitasi, hewan yang diadopsi hingga hewan yang disumbangkan dan lahir di kebun binatang. Seluruh hewan ini ditempatkan pada lingkungan yang paling mendekati habitat asli dari mereka. Belize Zoo menjadi tempat yang sempurna untuk bisa melihat lebih dekat hewan-hewan liar seperti jaguar, puma hingga jenis kucing asli Amerika Tengah dan Selatan yang hampir terancam yaitu margay. Kebun binatang ini bahkan memiliki instalasi fitur yang memungkinkan para wisatawan untuk melihat jaguar dari dekat dengan aman. Belize Zoo juga menyelenggarakan kunjungan di malam hari untuk mengamati perilaku para hewan liar saat malam datang.

03. Pengalaman Menyelam Tak Terlupakan

Belize memiliki area terumbu karang terbesar kedua di dunia. Belize juga dikenal sebagai salah satu tujuan wisata utama bagi para penyelam dan pecinta snorkeling. Ada banyak area populer untuk menyelam dan melakukan snorkeling di negara ini, akan tetapi destinasi yang paling terkenal adalah Great Blue Hole. Lubang besar di dalam lautan ini menjadi terkenal setelah perwira angkatan laut asal Prancis, Jacques Cousteau, menyebut Great Blue Hole sebagai satu dari 10 situs scuba diving terbaik di dunia.
Agar bisa menjangkau situs menyelam dan snorkeling ini, dibutuhkan sedikit perencanaan mengingat lubang pada situs ini memiliki diameter lebih dari 300 meter dan berjarak 80 km dari pesisir pantai serta terletak di antara pulau karang, Belize Cayes, di Laur Karibia. Untuk mencapai lokasi yang eksotis ini juga dibutuhkan biaya yang tidak sedikit.

04. Bertualang di Dalam Gua

Belize memiliki banyak gua bawah tanah yang digunakan oleh masyarakat peradaban Maya untuk menyembah Tuhan mereka. Saat ini, ada banyak tur yang dirancang bagi para wisatawan untuk menjelajahi peninggalan bersejarah ini. Tur ini dikemas dengan ‘penuh aksi’ karena melibatkan trekking sungai, memanjat tebing, hingga mendaki di dalam hutan. Actun Tunichil Muknal merupakan salah satu gua yang paling terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan.

05. Negara Perpaduan Budaya

Belize yang pernah menjadi jajahan Inggris ini menjadi satu-satunya negara di Amerika Tengah yang penduduknya menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi dalam berkomunikasi. Meski Bahasa Inggris adalah bahasa resmi, Belize juga terletak dekat dengan negara-negara berbahasa Spanyol sehingga bahasa Spanyol juga memainkan peran penting dalam pengunaan bahasa di Belize. Beberapa bahasa lain seperti Creole dan Garifuna juga turut digunakan dalam berkomunikasi. Belize merupakan titik berpadunya berbagai budaya dan bahasa. Pantai Karibia, contohnya, merupakan tempat yang sangat baik untuk menyerap berbagai perbedaan budaya yang ada di Belize dan negara-negara sekitarnya. Kota Corozal di Belize juga memiliki sentuhan bekas jajahan Spanyol yang tercermin melalui berbagai hidangan makanan laut dan kerang-kerangan yang lezat. Sedikit ke arah Selatan, terdapat resor yang populer di antara para wisatawan yaitu Placencia.

06. Surga Pasar Lokal

Para wisatawan yang menggemari pasar-pasar lokal harus mengunjungi ibu kota Belize, Belmopan, ketika bertandang ke negara ini. Kota ini sempat hancur oleh Badai Hattie pada 1961 lalu. Akan tetapi saat ini para wisatawan bisa merasakan suasana otentik dari Balmopan yang ramai di mana 15 ribu penduduknya gemar berjalan-jalan dan memadati pasar lokal. (*/NDY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.