Tren Baru Traveling, Ajang Rekresasi Juga Eksistensi

0
468
Selvie di Danau Toba dari Bukit Simarjarunjung (Foto: pariwisatasumut.net)

JAKARTA, Bisniswisata.co.id: Traveling zaman modern ini semakin berkembang sebagai sebuah gaya hidup, lifestyle. Orang tak sekadar menjadikannya sebagai kegiatan rekreasi, tetapi juga ajang eksistensi.

Pergeseran ini mendorong dunia travel dalam beberapa tahun belakangan mengalami perkembangan yang signifikan. Perkembangan tersebut melahirkan 6 tren baru dunia travelling, yang patut kita simak karena dapat memudahkan perjalanan liburan Anda. Apa saja itu?

01. Peta digital
Aplikasi peta online yang tersemat dalam smartphone sekarang semakin canggih. Akurasi peta dan kondisi jalan tampil semakin real-time. Dengan mengaktifkan fitur GPS pada ponsel, perangkat ini seraya menjadi pemandu arah yang meminimalisir kemungkinan tersesat selama perjalanan. Selain dapat menunjukan arah, beberapa peta digital juga mampu memberikan alternatif tercepat menuju tujuan Anda. Dengan begitu, Anda tak perlu ragu untuk mengunjungi tempat baru dalam rencana liburan.

02. Online travel agent (OTA)

Tren OTA mulai merebak dalam 5 tahun terakhir. Awal kemunculannya, sebagian besar OTA hanya menyediakan pilihan pembayaran melalui kartu kredit. Karenanya, bagi orang yang tidak memiliki kartu kredit, enggan dan sulit untuk merencanakan perjalanan secara online. Untungnya, saat ini sudah mulai ada OTA yang menyediakan ragam metode pembayaran, misalnya saja Traveloka. Traveloka memastikan Anda dapat mem-booking akomodasi dan berbagai kebutuhan traveling lainnya dalam genggaman dengan metode pembayaran yang lengkap, mulai dari direct debit (internet banking), transfer dan ATM, mobile banking, hingga pembayaran di Indomaret dan Alfamart.

03. Ekowisata

Ekowisata saat ini menjadi paket perjalanan yang semakin ramai ditawarkan oleh pelaku bisnis travel. Mulai dari tujuan, kegiatan wisata hingga lokasi hotel, telah mengusung konsep ramah lingkungan. Hal ini tentu akan memberikan pengalaman baru bagi wisatawan, baik berupa relaksasi maupun edukasi dalam satu waktu. Pada dasarnya, sudah banyak wisatawan yang sadar untuk menjaga kelangsungan hidup lingkungan. Orang semakin senang berwisata ke kawasan konservasi untuk ikut menyelamatkan lingkungan sembari jalan-jalan. Misalnya saja, trekking gunung berbarengan dengan kegiatan menanam pohon bersama atau menginap di pedesaan sembari belajar bertani.

04. Travel wellness

Kesehatan pada zaman modern ini semakin mendapat perhatian penting. Oleh karenanya, bisnis travel wellness naik daun. Hal ini terlihat dari semakin bertumbuhnya jumlah wisatawan yang mengunjungi destinasi penyedia wisata relaksasi seperti yoga dan spa. Untuk hal satu ini, Bali, India, dan Thailand masih menjadi primadonanya. Lokasi-lokasi wisata tersebut menawarkan konsep travel wellness holistik pada banyak resort dan restorannya. Utamanya adalah aktivitas spa dan yoga, fasilitas gym, hingga restoran dengan menu sehat.

5. Travel sharing

0Semakin populernya penggunaan jejaring sosial menjadikan wisatawan semakin terbiasa membagikan pengalaman jalan-jalannya. Tiap hari, mereka berlomba-lomba mengunjungi destinasi menarik dan membuat foto yang indah. Pengalaman wisata ini kemudian dibagikan secara luas dalam berbagai bentuk: update status, sharing foto, check-in lokasi, blogging, hingga vlogging. Keuntungannya, orang semakin dimudahkan dalam menemukan rekomendasi destinasi bagus dan baru, termasuk mendapatkan teman baru untuk perjalanan. Bahkan mungkin jodoh!

6. Hotel bujet

Pertumbuhan hotel bujet dewasa ini semakin meroket. Popularitas hotel murah ini bahkan bersaing ketat dengan hotel kelas bintang 3. Tiga tahun lalu, pertumbuhan hotel bujet di Tanah Air tercatat melebihi 50%. Hotel budget hadir dengan konsep ekonomis dalam suasana nyaman sehingga wisatawan mendapat pilihan tempat istirahat yang ideal tanpa harus keluar biaya banyak. Guna mengikuti laju tren ini, brand-brand hotel besar yang sudah lama populer turut serta berlomba menghadirkan lini hotel budgetnya. Tak hanya murah dan nyaman, hotel bujet baru juga mulai aktif berinisiatif menawarkan konsep unik.

Sekarang Anda sudah tahu menariknya keenam tren baru dunia travel seperti dilansir laman Sindonews, Senin (04/09/2017). Terbayang kan betapa tren tersebut memberikan kemudahan tambahan bagi perjalanan Anda? Karenanya, tak perlu khawatir lagi saat ingin merencanakan perjalanan Anda. Selain ada banyak rekomendasi, Anda pun dapat memilihnya sesuai kebutuhan dan keinginan. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.