Traveling Spontan? Ini Tipsnya

0
841
Traveling spontan (foto: www.hipwee.com)

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: TAK bisa dipungkiri, aktivitas traveling memang dituntut dengan persiapan yang matang. Persiapan yang baik akan menghasilkan perjalanan wisata yang baik dan menyenangkan. Namun demikian, pada masyarakat perkotaan yang sibuk, merencanakan suatu perjalanan wisata bukanlah perkara mudah karena perlu waktu yang tidak sebentar.
Kurangnya waktu untuk mempersiapkan aktivitas traveling memunculkan tren baru di kalangan masyarakat, yaitu traveling spontan.

Memang traveling spontan, kini menjadi trend baru bagi pecinta perjalanan wisata. Tanpa direncanakan, tanpa dikomando, tanpa persiapan matang malah cenderung dilakukan secara spontanitas. Biasanya traveling spontan dilakukan untuk destinasi wisata yang tidak terlalu jauh, dan dalam waktu yang tidak lama. Untuk sebagian besar orang, keputusan ini pasti cukup berisiko karena masih membutuhkan pertimbangan yang matang. Namun travelling spontanitas menjadikan liburan lebih berbeda, lebih bermakna.

Namun demikian, traveling spontan bukan berarti tanpa persiapan sama sekali. Berikut tips agar traveling spontan Anda berjalan baik dan menyenangkan, seperti dirangkum Liputan6.com:

01. Batasi anggaran perjalanan

Saat Anda memutuskan untuk melakukan perjalanan liburan secara spontan, tidak boleh lupa diri. Anda harus bisa membatasi anggaran pribadi kemana pun tujuannya, agar tidak kehabisan uang. Jangan terlewat untuk menyisihkan anggaran untuk membeli tiket pulang. Paling tidak walaupun uang habis, Anda masih bisa pulang.

02. Siapkan tambahan dana untuk biaya tak terduga

Inti dari perjalanan spontan Anda adalah pembatasan anggaran. Namun, tidak menutup kemungkinan saat sedang berlibur, Anda harus merogoh kocek untuk sesuatu yang sifatnya sepele, misal uang untuk ongkos angkutan umum.

03. Pastikan akomodasi malam pertama liburan aman

Perjalanan liburan secara spontan yang Anda lakukan akan menyita energi karena banyak hal tak terduga yang ditemui. Setelah habis energi, sudah tentu harus beristirahat dan selalu siapkan rancangan awal di mana Anda akan menginap sebelum melakukan perjalanan. Paling tidak di malam pertama liburan Anda tidak jadi ‘gelandangan’.

04. Cari banyak kenalan saat liburan

Mudah beradaptasi dan bergaul merupakan kemampuan dasar yang paling tidak Anda kuasai. Usahakan untuk banyak punya kenalan selama perjalanan Anda dengan maksud mendapatkan tumpangan di tempat tujuan. Hal ini juga bisa membantu Anda ketika tersesat untuk bertanya dan menghemat pengeluaran Anda.

05. Cari tahu adat istiadat dan objek wisata di tempat tujuan

Walaupun kesannya spontanitas, tak ada salahnya untuk melakukan survei awal akan adat istiadat masyarakat setempat dan objek wisata yang bisa Anda kunjungi. Hal tersebut membantu Anda untuk memperkaya wawasan sehingga terhindar dari tindak kriminal, seperti penipuan. Wawasan yang luas menjadi salah satu modal penting untuk perjalanan wisata spontanitas Anda.

06. Bawa pakaian seperlunya
Membawa pakaian maupun keperluan pribadi (kamera, jam tangan, kacamata) seperlunya. Dan jangan berlebihan, karena barang yang dibawa terlalu banyak akan menjadi mubazir bahkan memberatkan serta mengganggu selama perjalanan. Juga bawa obat-obatan jika mengalami gangguan kesehatan.

07. Bawa Gadget
Jangan sampai lepas dengan gadget (handphone, smartphone, tablet) karena jika terjadi hal-hal yang tak dinginkan selama perjalanan, bisa menghubungi keluarga atau teman terdekat.
(marcapada2015@yahoo.co.id)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.