Transportasi Wisatawan Keliling Kota Wisata Batu bakal Gratis

0
2115
Alun-alun kota Wisata Batu

BATU, test.test.bisniswisata.co.id: Pemerintah Kota Batu, Jawa Timur, dalam waktu dekat akan menggratiskan biaya transportasi bagi wisatawan yang berwisata ke sejumlah obyek wisata di kota wisata Batu.

“Kami akan bekerja sama dengan pengusaha angkutan kota (angkot) untuk mengantar wisatawan ke obyek-obyek wisata yang diinginkan. Harapannya tahun depan sudah terealisasi, sebab kebijakan ini untuk memberdayakan angkot yang akhir-akhir ini jumlah penumpangnya terus menurun,” kata Wali Kota Batu Eddy Rumpoko di Batu, Rabu (22/10/2014).

Selain memberdayakan angkot, menurut Eddy, pemkot juga akan memberikan pelayanan maksimal kepada wisatawan yang mengunjungi berbagai obyek wisata di Kota Batu dengan transportasi gratis, termasuk desa-desa wisata, sehingga wisatawan tidak perlu lagi menggunakan kendaraan pribadi.

Eddy mengatakan tujuan memberikan pelayanan transportasi gratis itu agar wisatawan tertarik menikmati obyek wisata yang ada, terutama potensi di desa wisata. Selain itu, juga bertujuan mengurangi kepadatan arus lalu lintas yang selalu padat saat liburan.

Untuk merealisasikan kebijakannya tersebut, Wali Kota Batu akan melakukan komunikasi dengan para pengusaha dan paguyuban sopir angkot. Komunikasi dan koordinasi itu guna membahas kesepakatan anggaran yang diperlukan agar pengusaha dan paguyuban mau terlibat aktif.

Setelah dibicarakan dan dimatangkan dengan para pengusaha dan paguyuban sopir angkot, lanjut Eddy, nominal anggaran itu akan diajukan ke DPRD. Hanya saja, anggaran tersebut disesuaikan dengan kemampuan APBD Kota Batu.

Ketua DPRD Kota Batu, Cahyo Edi Purnomo memberikan dukungan dan mengapresiasi rencana tersebut sepanjang ada perencanaan yang bagus. “Kami akan bahas soal transportasi gratis ini, baik untuk siswa sekolah maupun wisatawan setelah alat kelengkapan dewan terbentuk dan kami selalu mendukung upaya pemkot untuk memperbaiki kota ini, terutama memberi fasilitas umum yang maksimal kepada masyarakat,” tegasnya seperti dilansir laman Antara.

Lokasi wisata di Kota Batu cukup beragam, di antaranya wisata alam yang ada di Selecta, Songgoriti, rafting di sejumlah lokasi serta wisata buatan, seperti di Jatim Park 1 dan 2, Museum Angkut, BNS dan beberapa lokasi agrowisata petik buah apel di desa wisata.

Alun-Alun

Alun-alun Kota Wisata Batu Jawa Timur menjadi trade mark di kota Apel dan Bunga. Tak hanya terindah di kawasan Asia Tenggara, namun melangit seiring pesatnya kunjungan wisata dan menggeliatnya pertumbuhan ekonomi hingga level 4 nasional. Alun-alun ini sangat menggairahkan dan menumbuhkan berjuta inspirasi untuk berkarya.

Bagi yang ingin menikmati panorama Kota Wisata Batu dan sekitarnya dari ketinggian, para pengunjung dapat menaiki “Bianglala” yang berputar pelan dari bawah hingga ke puncak berketinggian lebih dari 60m.Beberapa Playground anak juga bisa dinikmati secara gratis.

Misalnya, ayunan, lorong-lorong menyembul laksana Goa yang dinaiki anak kemudian membiarkan diri badannya meluncur ke bawah, gugusan air mancur dari dasar tanah. Bahkan bagi anak yang menyukai dunia binatang seperti kelinci, singa, sapi perah, gajah, botol susu pasteuris juga tersedia di sana meski itu berbentuk replika dari semen maupun dari foam.

Dengan luas sekitar 1 hektar, Alun-alun Kota Wisata Batu itu tak hanya bersih, indah, namun modern.Bagi para pengunjung yang ingin Online, sangat cocok mengoperasikan Laptop berWifisembari bersantai di area Alun-alun asri yang dipenuhi tetumbuhan segar dan bunga-bunga.

Pemandian Air Panas

Cangar adalah pemandian air panas alami yang terletak di kelurahan Tulungrejo, kecamatan Bumiaji, kota Batu. Cangar terletak di dalam kawasan Taman Hutan Raya R. Soeryo. Di sekitar mata air panas Cangar banyak ditemukan gua-gua buatan peninggalan dari masa pendudukan Jepang, tahun 1942 – 1945. Cangar merupakan jalan tembus menuju Kabupaten/Kota Mojokerto melalui Pacet.

Dengan ketinggian diatas 1000m dpl, Cangar merupakan salah satu daerah penghasil sayur-sayuran dan buah apel yang utama. Sumber mata air panas cangar sendiri berasal dari Gunung welirang, sebuah gunung yang menghasilkan belerang. Untuk perjalanan menuju cangar melalui kota Batu, anda akan melewati jalan yang berkelak-kelok dengan suguhan pemandangan nan elok.

Di pemandian air panas Cangar ini, anda dapat menikmati makanan khasnya, yaitu “TAPE KETAN.” Penjual tape ketan ini sendiri telah berjualan secara turun temurun selama puluhan tahun di wilayah daerah Cangar.

Air terjun

Air terjun Coban Rondo merupakan salah satu obyek wisata yang dimiliki kabupaten Malang provinsi Jawa Timur. Terletak sekitar 12 Km dari kota Batu, tepatnya di Desa Pandansari, kecamatan Pujon. Kawasan wana wisata Air terjun Coban Rondo adalah kawasan wana wisata yang paling mudah ditempuh.

Jalan masuk menuju lokasi sudah beraspal, sehingga sangat memudahkan bagi wisatawan . Air terjun Coban Rondo memiliki ketinggian 84 meter, berada pada ketinggian 1135 meter dari permukaan air laut. Air yang mengalir berasal dari sumber mata air Cemoro Dudo. Obyek wisata ini pertama kali dibangun pada tahun 1980.

Selain wisata air terjun, wana wisata Coban Rondo juga sering dijadikan sebagai tempat berkemah. Air terjun Coban Rondo mempunyai kisah, konon namanya berasal dari sepasang pengantin yang baru saja melangsungkan pernikahan. Mempelai wanita bernama Dewi Anjarwati sedangkan mempelai pria bernama Raden Baron Kusumo.

Mereka berdua hendak menuju tempat mempelai pria berasal yaitu gunung Anjasmoro. Tetapi di tengah jalan diganggu oleh Joko Lelono yang tertarik pada kecantikan Dewi Anjarwati. Sebelum terjadi perkelahian Raden Baron Kusumo, berpesan kepada orang-orang yang menyertainya, agar Dewi Anjarwati disembunyikan di tempat yang ada cobannya ( air terjun ). ****

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.