Transportasi Wisata, Kadin Bali Pesan Mobil Listrik ITS Rp300 M

0
973
Mobil listrik karya ITS Surabaya

SURABAYA, test.test.bisniswisata.co.id: Mobil listrik karya Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya mendapat pesanan khusus dari Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bali. Rencananya mobil listrik karya anak negeri ini, akan digunakan untuk angkutan pariwisata.

Order mobil listrik ditandai dengan penandatanganan kesepakatan kerja sama (MoU) Rektor ITS Joni Hermana dengan Ketua Kadin Bali Anak Agung Ngurah Alit Wiraputra yang disaksikan Menristek Dikti M Nasir di kampus ITS Sukolilo, Surabaya, Selasa (3/5/2016).

Ketua Kadin Bali, AA Ngurah Alit Wiraputra mengakui Bali berusaha mengurangi polusi, sampah, limbah serta menuju wilayah pariwisata Go Green. Hal ini dilatarbelakangi beberapa negara mengurangi wisatawan mereka untuk datang ke Bali karena masalah sampah dan limbah.

Sehingga, mobil pariwisata ramah lingkungan berupa mobil listrik itu akan ditempatkan di Nusa Dua dan Pantai Kuta untuk menggantikan kendaraan pariwisata yang sudah ada.

“Sebanyak 40 unit kendaraan pariwisata di Nusa Dua akan kami ganti sepenuhnya dengan mobil pariwisata. Sebanyak 100 unit menyusul untuk Pantai Kuta,” ujarnya.

Pemerintah dan Kadin Bali mempersiapkan dana sebesar Rp 30 miliar untuk pengadaan mobil pariwisata. “Satu unit kami sediakan anggaran Rp 300 juta dengan kesepakatan awal produksi 100 unit bekerjasama dengan Ikatan Alumni ITS di Bali,” ungkapnya.

Ketua Tim MOLINA ITS, Dr Muhammad Nur Yuniarto menambahkan mobil listrik berkapasitas 6 orang itu akan didesain dari hasil diskusi kebutuhan turisme dari Kadin, Pemerintah Bali, dan tim Molina (Mobil Listrik Nasional).

“Kami sesuaikan kebutuhan dan yang jelas menonjolkan kendaraan tanpa emisi untuk mendukung program Kadin Bali,” katanya sambil menambahkan mobil listrik yang dipesan Kadin Bali menyerupai kendaraan golf tetapi memiliki ukuran besar.

Ikatan Alumni (Ika) ITS Wilayah Bali, Wayan Mahardika yang menginisiasi kerja sama ini mengatakan kerja sama itu merupakan bentuk dari peran alumni dalam kontribusi penerapan teknologi terbarukan.

“Kami menggandeng Kadin Bali dalam penerapan teknologi mobil listrik supaya kendaraan pariwisata di Bali bisa ramah lingkungan, dan diharapkan akan terjadi pengurangan polusi,” katanya dalam siaran pers yanmg diterima redaksi test.test.bisniswisata.co.id. (endy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.