Transformers: Age of Extinction, Film Box Office 2014

0
969

CALIFORNIA, test.test.bisniswisata.co.id: Sepanjang tahun 2014, pecinta film telah disuguhkan banyak film berkualitas produksi Hollywood. Akan tetapi hanya beberapa film yang bisa meraih keuntungan luar biasa dan bahkan mendapatkan predikat sebagai film paling laris di 2014.

Berdasarkan data yang dilansir dari situs boxofficemojo.com, predikat film paling laris didapatkan oleh Transformers: Age of Extinction. Film yang dirilis pada Juni lalu, berhasil meraup keuntungan sebesar US$1 juta di seluruh dunia. Sementara di Amerika, film ini hanya mendapatkan US$245 juta. Meski menjadi film paling laris tahun ini, Transformers tidak berhasil melunakan penilaian para kritikus film. Review film yang dibintangi oleh Mark Wahlberg ini, hanya diberikan nilai 3,8 dari 10.

Film yang diangkat dari komik superhero Marvel, Guardian of The Galaxy berhasil menduduki posisi kedua film Hollywood dengan penghasilan tertinggi, yaitu US$772 juta. Secara global, film yang dibintangi oleh Chris Patt boleh saja hanya menduduki posisi kedua. Akan tetapi, khusus di Amerika Serikat, film ini memuncaki boxoffice dengan perolehan US$332 juta.

Tak hanya berhasil menjadi boxoffice, film bertabur bintang ini juga dibanjiri pujian dari para kritikus film. Berdasarkan review para kritiskus film di rottentoematoes.com diberikan nilai 90 kepada Guardian of The Galaxy. Sementara metacritic.com menilai film ini pantas mendapatkan 76.

Maleficent menjadi film paling laris ketiga di tahun 2014 dengan perolehan US$757 juta. Film yang mengangat kisah tentang musuh putri Aurora itu menorehkan penghasilan US$241 juta untuk penayangan di bioskop di Amerika Serikat.

Film yang dibintangi oleh Angeina Jolie ini mendapatkan respon yang beragam. Meski demikian, baik kritikus maupun penonton sepakat dengan akting memukau Angelina dan juga special effect dari film produksi Walt Disney.

Film adaptasi komik superhero Marvel, lagi-lagi menduduki sepuluh besar film terlaris di 2014. Kali ini, film X-Men: Days of Future Past mencetak boxoffice dengan memperoleh penghasilan US$746 juta di seluruh dunia dan US$512 juta di Amerika. Kisah perjuangan para mutan untuk mencegah berkuasanya sentinel itu mendapatkan nilai yang baik dari para kritikus.

Dengan penghasilan US$714 juta, Captain America: The Winter Soldier menjadi film paling laris nomor lima. Film yang tayang perdana sejak bulan Mei itu juga dianugerahi empat setengah dari lima bintang di situ rottentoematoes.com.

Duet pasangam kekasih Andrew Garfield dan Emma Stone dalam film The Amazing Spider-Man 2 berhasil membawa film ini menduduki tempat kelima daftar film terlaris di 2014. Film produksi Sony ini mendapatkan penghasilan hingga US$709 juta untuk pemutaran di bioskop di seluruh dunia.

Kisah tentang monyet yang menguasai bumi juga masuk sepuluh besar film berpenghasilan tinggi. Dawn of The Planet of The Apes mampu meraup uang sebesar US$708 juta untuk penayangan fim di seluruh dunia. Banyak pujian yang terlontar untuk sekuel dari film Rise of The Planet of The Apes. Bahkan film ini mendapatkan label sebagai film musim panas terbaik.

The Hunger Games: Mockingjay-Part 1, bagian pertama dari seri penutup petualangan Katnis Everdeen ini berhasil mengantongi US$306 juta untuk pemutaran di wilayah Amerika Serikat. Adapun perolehan secara global, film yang diangkat dari buku berjudul serupa berhasil meraup pendapatan hingga US$669 juta.

Film yang melambungkan nama Jennifer Lawrence ini sesungguhnya masih bisa menyalip film-film lainnya untuk menduduki posisi teratas film terlaris 2014. Pasalnya, hingga kini film ini masih tayang di bioskop.

Meski hanya menempati posisi delapan, namun bintang utama film ini, Jennifer Lawrence berhasil mendapatkan predikat sebagai aktris dengan penghasilan paling tinggi versi majalah Forbes, yaitu US$1,4 miliar.

Film garapan Christoper Nolan, Instellar yang baru tayang selama kurang lebih sebulan berhasil merangkak naik ke posisi sembilan film terlaris tahun 2014. Film yang dibintangi oleh peraih Piala Oscar tahun lalu, Matthew McConaughey dan Anne Hathaway mendapatkan pendapatan US$641 juta di dua bulan penayangannya di seluruh dunia.

Posisi paling buncit sepuluh film terlaris di tahun 2014 dihuni oleh satu-satunya film animasi, yaitu How To Train Your Dragon 2. Film musim panas produksi DreamWorks Animation ini meraup penghasilan hingga US$618 juta.

Walaupun hanya menduduki posisi kesepuluh, namun film ini menjadi satu-satunya film yang berhasil masuk dalam nominasi Golden Globe 2015 untuk kategori Film Animasi Terbaik. Sembilan film lainnya, tidak mampu menembus penghargaan yang menjadi patokan bagi Academy Awards.

Film terlaris tahun 2014 ternyata tidak hanya didominasi oleh film-film produksi Hollywood. The Lunchbox, film asal India berhasil masuk dalam peringkat 179 film terlaris tahun 2014. Satu judul film Indonesia juga masuk dalam daftar film paling laris, yaitu The Raid 2. Film ini berhasil mendapatkan penghasilan sebesarUS$2,6 juta. Akan tetapi, boxofficemojo.com hanya menghitung dari penayangan di Amerika. Sementara pemutaran film yang diperankan oleh Iko Uwais, di Indonesia maupun negara-negara lainnya tidak masuk dalam hitungan. ****

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.