Tomohon Serius Siapkan Festival Bunga International

0
810
Peserta pawai bunga Tomohon dari Filiphina (Foto: wisatamanado.info)

TOMOHON, test.test.bisniswisata.co.id: Tak ingin tampil mengecewakan, persiapan Tomohon International Flower Festival (TIFF) disiapkan secara matang, serius, profesional dan lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Ajang festival bunga berskala internasional ini akan dilaksanakan pada 8-12 Agustus 2016 di Tomohon, Sulawesi Utara.

Sekitar 30 mobil dihias bunga segar dengan berbagai tema yang akan berparade di jalan-jalan utama Kota Tomohon. “Ini bener-bener acara langka. Silakan datang menyaksikan kemegahan Tomohon International Flower Festival, kami telah mempersiapakan dengan matang dan lebih bagus dibandingkan tahun-tahun sebelumnya,” papar Kepala Dinas Pariwisata Kota Tomohon, Mariam Rau.

Ada beberapa kegiatan yang akan diadakan selama festival berlangsung, misalnya pawai kendaraan, kontes Ratu Bunga, pameran bunga, dan pergelaran seni budaya.

Dalam ajang tahunan ini, penonton bisa menyaksikan pawai kendaraan berhias bunga. Dilansir Manado Today, bunga-bunga mulai ditanam April 2016 lalu oleh 40 kelompok tani.

Bunga yang paling banyak digunakan adalah Krisan, Aster, dan Gladiol. Satu kendaraan hias diperkirakan akan menggunakan 10 ribu hingga 12 ribu kuntum bunga.

Pawai kendaraan hias ini merupakan acara bertaraf internasional. Pesertanya terdiri atas perwakilan dari kabupaten dan kota seluruh Indonesia, serta dari perusahaan swasta, BUMN, dan BUMD.

Pemilihan Ratu Bunga juga jadi keunikan dari festival ini. Nantinya akan dipilih sosok putri terbaik se-Indonesia, yang memiliki bakat dan kemampuan serta rasa cinta akan bunga, sehingga mampu menjadi duta yang mempromosikan pariwisata melalui bunga.

Pameran bunganya sendiri akan menampilkan kekayaan florikultura dalam beragam desain unik dan menarik. Sementara pergelaran budaya akan memperlihatkan ragam seni dan budaya dari berbagai daerah, baik di Sulawesi Utara maupun Indonesia secara keseluruhan.

Event festival bunga internasional ini telah diselenggarakan sejak tahun 2008, dan sejak 2015 telah menjadi calendar of event pariwisata nasional sebagai program tahunan.

Diakuinya, festival ini salah satu kegiatan promosi kreatif Kota Tomohon untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di daerah berpenduduk lebih dari 100 ribu jiwa ini.

“Ini dalam rangka lebih mengenalkan destinasi-destinasi wisata di Kota Tomohon. Semakin banyak promosi yang dilakukan, wisatawan akan tahu bahwa kita memiliki potensi wisata yang tidak kalah menarik bila dibandingkan dengan daerah lainnya,” tutur Mariam Rau.

Tahun ini, peserta festival bunga Tomohon tak hanya datang dari daerah-daerah di Indonesia, ada juga perwakilan negara lain yang turut berpartisipasi dalam ajang tahunan ini.

Polandia, Perancis, Amerika Serikat, Selandia Baru, India dan Filipina adalah negara-negara langganan yang tak pernah absen mengikuti festival bunga ini.

“Negara-negara yang jadi peserta Festival Bunga Tomohon akan mendekorasi mobil-mobil besar dengan bunga berwarna-warni. Acara ini jadi tontonan gratis buat masyarakat lokal dan turis yang lagi plesiran ke Tomohon,” ungkap Mariam Rau. ([email protected])

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.