Keberadaan Tol Seroja Optimis Dongkrak Wisata Ciwidey

0
403
Kawah putih Ciweday Kabupaten Bandung (Foto: Youtube)

BANDUNG, Bisniswisata.co.id: Ketua DPRD Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari optimistis keberadaan Tol Soreang-Pasirkoja (Soroja) dapat mendongkrak pariwisata sekaligus kunjungan wisatawan ke Ciwidey Jawa Barat. Tercatat ada 33 spot destinasi wisata di Ciweday mulai Situs budaya, situs bersejarah, spot foto foto kekinian , sampai air terjun yang sangat memanjakan mata.

“Ciwidey itu kota kecamatan namun spot pariwisatanya sangat bagus. Terus terang, selama ini orang malas ke Ciwidey karena aksesnya yang macet sangat parah. Saya kira Tol Soroja ini bisa menjadi solusi, selain memecah kemacetan juga berdampak terhadap sektor pariwisata di Ciwidey,” papar Ketua DPRD Jabar di Bandung, Kamis (23/11/2017)

Ineu memberikan apresiasi kepada Pemprov Jawa Barat dan PT PT Citra Marga Lintas Jabar (CMLJ) investor yang berhasil merampungkan pembangunan Tol Soroja pada bulan November 2017 ini. “Alhamdulillah akhirnya jadi juga, masalah Tol Soroja ini kan harapan masyarakat, terakhir saya ke sana belum jadi, tapi alhamdulillah sekarang sudah jadi,” kata dia.

Meski panjang Tol Soroja hanya sekitar 8 km, namun dia optimistis keberadaan infrastruktur ini bisa berdampak positif bagi masyarakat, khususnya warga Bandung. “Saya juga sempat melihat langsung ke lapangan saat pembangunannya dan berkomunikasi langsung dengan masyarakat, intinya mereka kan ingin ada bentuk fisiknya dari tol ini dan sekarang terjawab sudah harapan masyarakat,” kata dia.

T Citra Marga Lintas Jabar (CMLJ) selaku pengelola atau investor dari Jalan Tol Soreang-Pasirkoja (Soroja) menyatakan pembangunan kontruksi jalan tol yang menghubungkan Kota Bandung dengan Kabupaten Bandung tersebut saat ini sudah mencapai 100 persen.

Selain itu, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Kementerian Perhubungan, dan Polda Jawa Barat akan melakukan uji laik fungsi terhadap Jalan Tol Soreang-Pasirkoja (Soroja) Bandung pada Kamis dan Jumat, tanggal 16-17 November 2017.

Ciwidey merupakan kecematan di Kabupaten Bandung, yang memiliki sejuta pesona dan panaroma alam yang menakjubkan bahkan tersembunyi, sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui akan keindahan dan tempat keren yang ada di Ciwidey. Dari 33 spot distinasi wisata, ada beberapa obyek wisata yang menjadi hits di Ciweday, antara lain:

# Situ Patenggang
Tempat ini adalah tempat wisata yang menyuguhkan keindahan danau yang indah. Di sini Anda bisa menikmati pemandangan dengan menggunakan perahu lho. Wisata seperti ini cocok untuk Anda yang membawa rombongan keluarga atau teman-teman karena Situ Patenggang ternyata merupakan tujuan wisata paling favorit untuk rombongan.

# Kawah Putih Ciwidey
Tidak lengkap rasanya kalau ke Ciwidey tapi tidak mampir ke Kawah Putih. Rasanya, Bandung memang juga terkenal dengan Kawah Putihnya, ya? Nah, di 44 km dari Bandung, Anda bisa menemukan Kawah Putih Ciwidey, tepatnya di Rancabali. Dengan pemandangan yang memikat, air danau berwarna putih agak kehijauan yang berpadu dengan batuan kapur putih adalah suguhan yang menenangkan. Menurut cerita, Kawah Putih adalah tempat roh leluhur berkumpul. Bahkan, salah satu puncaknya juga dipercaya sebagai tempat rapatnya para leluhur lho. Keren, ya? Ada cerita gaib juga di tempat ini, yaitu beberapa masyarakat lokal melihat domba berbulu putih di sini. Menurut mereka, domba-domba tersebut adalah jelmaan leluhur.

# Kebun Teh Rancabali
Jika ingin melewati liburan yang tidak hanya hiburan tapi juga pas untuk mencari pengetahuan, maka kebun teh di Rancabali, Ciwidey ini adalah jawaban yang pas. Selain pemandangan yang akan membuat mata jadi segar lagi. Anda bisa melihat langsung pengetahuan tentang menanam, pembibitan, cara membuka lahan, memelihara, memetik, memangkas hingga mengolah teh yang benar. Untuk bisa masuk ke tempat wisata ini,

# Kebun Stroberi
Ingin memetik langsung stroberi? Atau ingin tahu bagaimana bentuk dari pohon stroberi secara langsung? Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri karena di Ciwidey ada, lho. Di kebun yang letaknya di Alam Endah ini, Anda bisa menikmati hamparan kebun stroberi dan bisa langsung memetik alias panen stroberinya. Apalagi dengan udara yang sejuk dan pemandangan menyegarkan yang akan Anda dapatkan, berkunjung ke kebun stroberi akan jadi pengalaman tak terlupakan. Yang tidak boleh dilewatkan juga adalah Anda bisa memetik dan menyantap buah stroberi secara langsung.

# Pemandian Cimanggu
Mencari tempat wisata yang bisa membuat Anda kembali dengan keadaan segar dan bugar lagi? Anda bisa mendapatkannya di Pemandian Air Panas Cimanggu. Letaknya tidak jauh dari Bandung, hanya sekitar 45 km saja. Anda bisa mengambil jalur Ciwidey – Pangalengan jika ingin menuju tempat pemandian ini. Bayangkan, Anda menikmati air panas dengan pemandangan hamparan kebun teh yang menyegarkan? Pasti Anda pulang dengan badan dan pikiran yang fresh.

# Pemandian Walini
Selain pemandian Cimanggu, ada juga pemandian Walini yang tidak hanya menyediakan air panas yang sumbernya langsung dari alam, tapi juga ada wahana perosotan untuk anak. Jika Anda pergi ke Situ Patenggang, Anda bisa mampir ke pemandian air panas ini karena letaknya tidak terlalu jauh. Selain itu, letaknya juga ada di kebun teh Walini, jadi Anda bisa menikmati keindahan dan sejuknya kebuh teh Walini juga.

# Bumi Kemah Ranca Upas
Letaknya tidak jatuh dari Kawah Putih, yaitu di Desa Alam Endah. Jika Anda berangkat dari kota Bandung, maka Anda harus menempuh sekitar 56 km untuk bisa sampai ke tempat ini. Tempat ini cocok untuk Anda yang ingin berkemah, Anda bisa menyewa peralatannya atau membawa sendiri dari rumah. Nah, jangan khawatir soal makanan karena di sini banyak warung dengan menu yang enak. Dan yang tidak boleh dilewatkan adalah Anda bisa berkesempatan melihat kawanan rusa saat berkemah di sini. (BBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.