TMII Jadi Destinasi Favorit Wisatawan Lokal

0
993

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Liburan dimanfaatkan warga Jakarta dan sekitarnya untuk berekreasi ke sejumlah tempat. Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menjadi salah satu tujuan warga. Objek wisata yang berdiri sejak 1975 ini masih jadi favorit wisatawan lokal maupun nusantara.

Salah satu faktornya, harga tiket masuk yang relatif murah. Agung, warga Bekasi, mengamini alasan itu. Harga Rp15 ribu, kata dia, masih sangat terjangkau untuk mengajak keluarganya menikmati banyak fasilitas di TMII.

“Kita ajak anak mumpung libur, harganya juga murah. Di sini kita juga bisa kasih pendidikan ke anak. Kan banyak rumah adatnya. Tapi saya belum lihat semua,” kata Agung di TMII, Jakarta Timur, Kamis (25/12/2014).

Begitu pun dengan Idham, warga Cikarang ini mengaku senang dapat memiliki waktu berlibur bersama keluarga ke TMII. Lagi pula, dirinya dapat memperkenalkan kepada anak-anaknya gambaran kondisi rumah adat di seluruh Provinsi di Indonesia, tanpa harus mengunjungi provinsi itu.

“Saya baru melihat anjungan Maluku, Bali dan Kalimantan Barat. Ini bagus buat pendidikan biar mereka tahu dan ada gambarannya seperti ini toh rumah adat di sana,” kata Idham.

Apalagi, harga tiket yang relatif murah membuat dirinya sekeluarga tertarik menikmati masa liburan Natal ini untuk berkumpul di TMII. “iya ini murah lah dari pada kita ke tempat lain, ini masih termasuk bisa terjangkau lah (harganya). Kita juga bisa menikmati suasananya yang lumayan enak, bisa nyantai,” tandas dia.

Manajer Pusat Informasi Budaya dan Wisata TMII Suryandoro mengungkapkan hingga pukul 15.00 WIB sore ini tercatat 25.000 pengunjung yang datang ke TMII. Ini, kata dia, merupakan wujud antusiasme masyarakat yang masih tinggi untuk merayakan liburan di TMII.

Bahkan, ia berkeyakinan jumlah ini akan bertambah jauh lebih banyak lagi menjelang sore hari nanti. Sebab, objek wisata yang buka sejak pukul 07.00 WIB baru akan tutup pada pukul 21.00 WIB. “Sudah sekitar 25.000 ribu, ini bisa mencapai 35.000 sampai 40.000 sore nanti, puncaknya sekitar pukul 3 atau 4 sore,” kata Suryandoro.

Jumlah ini, kata dia, meningkat hingga 10 persen dibanding liburan hari Natal tahun sebelumnya. TMII, sebetulnya tak punya target kunjungan wisata. Tapi natal dan tahun baru serta lebaran memang menjadi hari spesial buat objek wisata di Jakarta Timur itu. Angka kunjungan selalu meningkat pesat di hari-hari itu.

“Kita tidak ada target. Kita di tahun baru saja ada target sekitar 60.000 pengunjung, dan mungkin di tanggal 1 nya bisa mencapai 80.000 pengunjung,” pungkas dia. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.