Tips Travelling ke Negara Muslim

0
533

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Wisata muslim, wisata syariah, wisata halal atau sebutan lain kini menjadi tren bagi dunia pariwisata. Berbagai penjuru negara di dunia, kini menawarkan destinasi bagi wisatawan muslim dengan menyajikan menu halal, tempat aman dan nyaman bagi turis muslim.

Sementara negara yang mayoritas muslim juga memiliki destinasi wisata yang tak kalah menariknya. Sayangnya, ada hambatan yang menghantuinya. Isu terorisme yang semakin gencar, misalnya sehingga sebagian besar wisatawan merasa takut untuk mengunjungi negara-negara Islam/mayoritas, seperti Indonesia, Malaysia, Iran, Uni Emirat Arab, ataupun Maroko.

Negara-negara tersebut tentu saja memiliki aturan tersendiri yang wajib dipatuhi, terutama bagi para pelancong yang berasal dari negara non-muslim.

Namun, Anda tidak perlu khawatir hingga harus mengurungkan niat travelling yang sudah direncanakan. Selama Anda menghormati budaya dan adat mereka, mereka akan melakukan hal serupa.

Sebagaimana dilansir dari laman Stuff, berikut 5 tips aman yang dapat Anda terapkan saat mengunjungi negara-negara Islam.:

01. Persiapkan diri

Salah satu kebiasaan umat muslim di seluruh dunia adalah mereka gemar makan. Umat muslim senang mengenalkan sejarah, budaya, hingga cinta melalui makanan. Anda biasanya akan diajak untuk makan dengan kerabat mereka, jadi persiapkanlah perut Anda sebaik-baiknya dan bersenang-senang lah.

02. Ingat Larangan

Meski sebagain besar negara Islam di seluruh dunia melarang mengkonsumsi minuman beralkohol, namun beberapa negara seperti Palestina, Yordania, dan Mesir menyediakan tempat khusus untuk mengkonsumsi minuman tersebut. Tetapi jangan berharap Anda dapat meminum minuman keras dalam jumlah yang besar.

03. Selalu waspada

Jika Anda berasal dari negara barat, hal ini dapat memancing perhatian sebagian besar penduduk muslim di suatu negara. Terkadang mereka akan menyambut Anda dengan baik, seperti yang dilakukan di Iran. Tetapi, mereka juga bisa melakukan hal buruk seperti yang kerap terjadi di Maroko atau Mesir. Di mana wisatawan wanita kerap mendapatkan perlakuan tidak menyenangkan di negara tersebut.

04. Kunjungi masjid

Sama seperti saat mengunjungi sebuah gereja di Eropa, masjid juga memiliki jadwal sibuk yang sangat padat. Seperti pada hari Jumat, seluruh jamaat pria biasa akan memadati masjid untuk melaksanakan shalat Jumat. Perlu diperhatikan juga bahwa, semua masjid membedakan tempat jamaat pria dan wanita.

05. Jaga silahturahmi

Bersiaplah menerima undangan dari berbagai umat Islam yang Anda temui saat travelling. Biasanya mereka akan mengundang Anda untuk sekedar meminum teh bersama, hingga menyantap makan malam bersama keluarga mereka. Tradisi ini sudah berlangsung sejak berabad-abad lalu, jadi jangan heran jika Anda begitu ramah untuk mengundang Anda. (*/NDY)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.