Tips Traveling sambil Menyusui

0
549

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Traveling bersama bayi memang membutuhkan persiapan khusus. Apalagi jika jarak yang ditempuh untuk bepergian cukup jauh, ke luar kota atau ke luar negeri misalnya.

Persiapan kian bertambah maksimal ketika membawa bayi yang masih menyusui. Tenang Anda dapat tetap melakukan perjalanan tanpa melupakan asupan ASI bagi anak. Berikut adalah tips untuk bepergian bersama bayi yang menyusui, seperti dilansir Kompas.com:

01. Rencanakan jadwal menyusui

Sebelum pergi, buat jadwal menyusui bagi anak. Taati jadwal yang telah Anda buat, sebab asupan ASI sangat penting bagi anak Anda. Pastikan pula kesehatan tubuh Anda agar asupan ASI tetap lancar selama perjalanan.

02. Pesan tempat duduk yang tepat

Jika Anda bepergian menggunakan pesawat terbang, cobalah untuk memesan tempat duduk di sebelah jendela atau di dekat lorong, jangan di kursi tengah. Letak kursi tersebut terbilang lebih lega untuk posisi bayi menyusui. Selain itu orang disebelah Anda juga tak merasa terganggu apabila bayi Anda menendang saat menyusui. Jangan remehkan saat menyusui di dalam pesawat, sebab menyusui dapat mengurangi jet lag bayi dan membantu sakit telinga saat pesawat lepas landas.

03. Pelajari aturan di tempat Anda bepergian

Anda juga harus tahu apakah destinasi tujuan Anda memungkinkan untuk menyusui di tempat umum atau tidak. Meski menyusui adalah hak Anda dan anak, Anda tetap perlu menghormati adat istiadat yang berlaku di destinasi wisata Anda.

04. Jangan lupa imunisasi sebelum bepergian

Ada baiknya sebelum bepergian Anda dan buah hati melakukan imunisasi untuk mencegah terserang penyakit endemik. Imunisasi juga dimaksud untuk menjaga daya tahan tubuh. Selamat bersenang-senang dengan buah hati Anda! (*/KMP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.