Tips Traveling Ke Negara Berbeda Bahasa

0
470

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Wisata keluar negeri merupakan sesuatu yang menyenangkan, membuka mata tentang dunia lebih luas, menambah wawasan, pengetahuan bahkan pengalaman berharga. Juga menambah teman baru.

Sayangnya, perbedaan bahasa bisa membuat liburan ini menjadi kurang maksimal. Beberapa negara bahkan kurang fasih berbahasa Inggris sehingga membuat Anda tidak bisa berinteraksi dengan baik.

Beruntungnya Anda dapat melakukan trik dan persiapan sebelum keberangkatan Anda. Pastikan Anda tidak panik, ingat kembali tujuan liburan Anda adalah untuk menikmati keindahan negara tersebut.

Jika Anda ingin mengunjungi sebuah negara sementara Anda tidak menguasai bahasa setempat berikut enam trik yang dapat Anda lakukan seperti yang dilansir dari Purewow, Jumat (4/11/2016).

Beberapa tips traveling ke negara berbeda bahasa:

01. Pelajari hal dasar

Anda tidak mungkin dapat menguasai bahasa Yunani dalam dua bulan bukan? Namun Anda dapat mempelajari hal-hal dasar dalam berinteraksi di Yunani. Lakukan hal ini untuk negara lainnya yang ingin Anda kunjungi. Pelajari hal dasar dan umum, seperti tolong, terima kasih, serta tempat umum seperti toilet, stasiun, dan lainnya.

02. Download aplikasi terjemahan

Untuk memudahkan Anda dapat menerjemahkan menu makanan di restoran atau petunjuk jalan Anda dapat mengunduh aplikasi terjemahan. Perkembangan teknologi di dalam genggaman Anda dapat memudahkan perjalanan di luar negeri bahkan ketika Anda tidak menguasai bahasa setempat.

03. Pelajari mimik dan bahasa tubuh

Masing-masing negara memiliki mimik dan bahasa tubuh tersendiri saat berkomunikasi. Perhatikan dan pelajari untuk membantu memudahkan Anda memahami apa yang warga setempat sampaikan. Biasanya gerak tangan, kepala, dan jari memiliki arti yang berbeda. Seperti gerakan kepala ke kiri dan ke kanan di India memiliki arti “iya” sementara di Amerika gerakan tersebut berarti “tidak”.

04. Tetap tenang dan ramah

Bersikap tenang dan ramah merupakan hal yang diperlukan saat berkunjung ke negara dengan bahasa yang tidak Anda mengerti. Anda dapat mengandalkan bantuan dari warga sekitar yang bersimpati. Berucap dengan ramah dan santun untuk mendapatkan hati mereka.

05. Ajak warga setempat menunjukkan arah

Jika Anda melakukan perjalanan bersama teman-teman ajak juga warga sekitar yang menguasai bahasa Inggris untuk menemani perjalanan Anda. Mereka akan membantu mediasi saat berinteraksi dengan masyarakat sekitar. Sehingga Anda dapat menikmati liburan dengan nyaman.

06. Jika masih ragu, rencanakan dengan matang

Jika Anda masih ragu dengan pilihan negara dan bahasa yang digunakan, Anda dapat merencanakan perjalanan liburan tersebut lebih matang. Sebelum berangkat pastikan Anda melakukan lima langkah sebelumnya di atas. Selamat berlibur. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.