Tips Cari Smartphone Hilang Saat Berwisata

0
679

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Saat berwisata bisa jadi barang bawaan smartphone, baik yang berbasis iOS dan Android, hilang, tertinggal, lupa menaruh atau dicuri oleh tangan jahil, kini dapat ditemukan kembali ketika hilang atau dicuri. Bahkan dari jarak jauh Anda bisa melacaknya, mengunci layar, dan menghapus data yang ada.

Namun syaratnya, smartphone Anda yang hilang atau dicuri tetap menyala dan terkoneksi dengan Internet. Kasus ini tentunya mudah, jika Anda melacak smartphone dengan koneksi data internet, namun sulit jika Anda melacak laptop yang mungkin offline atau dimatikan oleh pencuri.

Lalu, bagaimana cara menemukannya? Berikut ini adalah cara menemukan smartphone dan laptop yang hilang atau dicuri.

iPhone, iPad, dan Mac

Layanan Apple “Find My” telah terintegrasi ke iPhone, iPad, dan bahkan komputer Mac. Dengan mengaktifkannya di iCloud, Anda dapat melacak perangkat dari situs iCloud. Anda juga dapat menginformasikan kehilangan perangkat, menguncinya, dan menghapus data yang tersimpan dari jarak jauh.

Bila Anda menandakan iPhone atau iPad menjadi `modus hilang`, iCloud akan mulai melacak lokasi dari waktu ke waktu sehingga Anda dapat melihat history-nya secara lengkap.

Anda juga dapat me-reset-nya sehingga Anda bisa melacak dan mengatur iPhone atau iPad jika perangkat dicuri. Apple tidak akan mengaktifkan iPhone dan iPad jika keduanya ditandai telah hilang.

Anda bahkan dapat mengunci Mac dari jarak jauh sehingga Mac akan segera menutup sehingga pencuri harus memasukkan password firmware untuk proses booting.

Proses booting sistem operasi tidak akan berjalan tanpa password yang valid. Anda juga bisa menghapus data sensitif yang ada pada Mac dari jarak jauh.

Smartphone dan Tablet Android

Android Device Manager memungkinkan Anda untuk melacak, mengunci, dan menghapus data yang ada pada smartphone atau tablet Android dari jarak jauh. Anda harus mengaktifkan fitur ini dengan cara membuka Google Settings, Android Device Manager, dan mengaktifkannya.

Setelah diaktifkan, Anda dapat mengunjungi situs Google Play, klik ikon roda gigi, dan pilih Android Device Manager. Anda akan melihat lokasi perangkat yang hilang pada peta.

Namun tak seperti Apple Find My, Android Device Manager dapat terhapus setelah perangkat di-reset sehingga pencuri dapat mengatur ulang perangkat dan Anda tidak akan dapat melacaknya.

Android Device Manager juga tidak dapat memantau history pergerakan perangkat yang hilang secara lengkap. Untuk itu Anda dapat menggunakan aplikasi Android dari pihak ketiga, seperti Anti-Theft dari Avast. Demikian seperti dikutip dari laman How-To Geek, Kamis (22/1/2015).

Windows Phones

Layanan pelacakan perangkat milik Windows Phone, hampir mirip dengan milik Apple yaitu Find My Phone. Untuk mengaktifkan layanan ini Anda bisa menuju Setting dan Find My Phone.

Untuk melacak, mengunci, dan menghapus data yang ada pada perangkat yang hilang, Anda cukup mengunjungi situs web Windows Phone dan klik Find My Phone di sudut kanan atas layar.

Seperti Android Device Manager, fitur Find My Phone dapat di-nonaktifkan jika sang pencuri me-reset smartphone Anda. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.