Tips Pilih Hotel Ramah bagi Bocah

0
891
Sebuah hotel di Jakarta yang menyediakan fasilitas bermain bagi anak-anak

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Traveling bersama si buah hati rasanya susah-susah-gampang, apalagi bila si kecil usianya masih di bawah lima tahun (Balita) dan anak-anak, yang membutuhkan suasana aman, nyaman, tenang dan bersahabat, termasuk mencari hotel yang ramah balita.

Memang hal ini bukanlah mudah. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengecek fasilitas hotelnya. Kemudian amati suasana hotelnya. Juga tempat bermain di ruang terbuka memiliki banyak manfaat untuk motorik anak.

Menurut American Academy of Pediatrics, merekomendasikan agar setiap hari anak diberikan waktu bermain selama 60 menit, khususnya main di luar ruangan. Bermain di ruang terbuka merupakan bagian yang penting dari perkembangan fisik, kesehatan mental dan sosial dari anak.

Selain fasilitas bermain dan kolam renang untuk anak di Hotel, juga perlu mempertimbangkan luas kamar yang bisa membuat anak bebas bergerak, jarak hotel dengan rumah. Jenis hotel yang dipilih memang memiliki konsep keluarga dan hotel memiliki menu untuk anak. Beberapa hal tersebut menjadi pertimbangan ketika Anda memutuskan menginap di sebuah hotel bersama keluarga.

Nah, berikut beberapa fasilitas di hotel yang ramah bagi si bocah seperti dilansir laman nationalgeographic.co.id.

01. Hand shower

Jika kamar hotel Anda menggunakan shower, pastikan gagangnya bisa dipegang dan dipindahkan. Ini memudahkan Anda untuk memandikan si kecil, lain halnya dengan head shower yang hanya bisa mengucurkan air dari atas.

02. Kamar non smoking

Saat menginap bersama balita, pastikan Anda mendapat kamar non smoking sehingga jauh dari asap rokok.

03. Kamar double bed

Jangan lupa memesan kamar dengan double bed, sehinggasi kecil bisa tidur dengan lega. Beberapa hotel hanya menyediakan sedikit kamar standard dengan double bed dan kebanyakan adalah kamar dengan twin bed. Jadi pastikan hotel yang Anda incar masih memiliki persediaan kamar double bed.

04. Menu makanan

Makanan adalah salah satu hal terpenting saat jalan-jalan bersama si buah hati. Pastikan hotel tempat Anda menginap punya menu khusus anak, terutama saat sarapan. Banyak hotel menyuguhkan kids menu saat sarapan.

05. Kolam renang

Berenang adalah aktivitas seru untuk dilakukan bersama balita. Pastikan hotel tempat Anda menginap punya kolam renang khusus anak (child pool) sehingga si buah hati bisa puas main air.

06. Channel anak

Hotel-hotel berbintang pasti punya saluran televisi kabel dari tiap kamar. Pastikan kamar Anda terhubung dengan channelanak seperti Cartoon Network, Nickelodeon, atau Disney Channel.

07. Kids club

Beberapa hotel berbintang memiliki kids club atau area bermain khusus untuk tamu kecil. Anda bisa cek apakah hotel memiliki fasilitas tersebut.

08. Akses menuju kamar

Hotel ramah anak biasanya menempatkan Anda di kamar yang tidak terlalu jauh dari lobby. Ini agar si kecil tidak merasa bingung karena kamarnya terlalu jauh. Hal ini juga memudahkan orangtua agar tidak jauh-jauh menggendong anak jika ia sudah tertidur.

09. Resor

Jika tidak menemukan hotel yang mendaulat diri ramah anak, resor bisa jadi pilihan. Resor biasanya punya fasilitas lebih dibandingbusiness hotel. Termasuk child pool, kids menu, dan ruangan khusus bermain untuk anak.

10. Lokasi

Alangkah baiknya Anda memilih hotel yang dekat dengan tempat-tempat wisata. Si kecil pun tidak merasa bosan dan jenuh karena lamanya perjalanan, atau macetnya lalu lintas.

Memang tak semua hotel punya fasilitias bermain yang nyaman dan aman untuk anak. Berikut daftar 5 hotel di Jakarta yang menyediakan fasilitas bagi anak-anak:

01. Grand Tropic Suites Hotel

Grand Tropic Suites Hotel ini menjadi salah satu rekomendasi hotel untuk keluarga yang membawa anak-anak. Hotel yang terletak di kawasan Petamburan ini memiliki fasilitas kolam renang yang lengkap dengan pasir. Anda tidak perlu mengajak ke pantai untuk bisa bermain pasir. Selain bermain di kolam renang, hotel ini juga bentuknya unik dengan banyak pepohonan di setiap lantainya.

02. Discovery Hotel and Convention Ancol

Discovery Hotel Ancol menjadi pilihan yang tepat kalau Anda ingin mencari hotel dengan fasilitas bermain untuk anak yang lengkap. Hotel terletak di kawasan Ancol ini memang memiliki area bermain yang luas dan berbagai permainan menarik untuk anak usia 5-12 tahun. Interior ruang bermain dengan ornamen warna cerah mampu merangsang daya kreativitas anak. Di hotel ini Anda juga bisa memesan menu khusus anak.

03. Hotel Ciputra

Letak hotel yang strategis karena berada di antara bandara dan pusat kota Jakarta serta memiliki akses langsung ke pusat belanja menjadi daya tarik Hotel Ciputra. Tersedia fasilitas untuk anak bermain dengan nama Puri Kids’s Club.

04. Mercure Hotel

Hotel Mercure di dalam Taman Impian Jaya Ancol memiliki Children’s Club sebagai arena bermain. Bahkan arena bermain dipisahkan berdasarkan usia, ada arena untuk usia 0-3 tahun, 3-6 tahun dan 6-12 tahun. Aneka permainan mulai dari mandi bola, boneka, mobil-mobilan hingga rumah-rumahan bisa dipilih anak sesuai dengan kesukaannya.

05. Hotel Borobudur

Untuk Anda yang lebih senang mengajak anak bermain di ruang terbuka, Hotel Borobudur bisa menjadi alternatif menarik. Hotel yang terletak di Jakarta Pusat ini tidak hanya memiliki area untuk anak tetapi juga taman hijau yang luas. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.