Tips Persiapan Travelling ke Luar Negeri

1
877

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: LIBURAN akhir tahun lebih asyik jika melakukan travelling ke luar negeri. Apalagi menjadi traveller dengan travel list atau backpacker yang berpetualang mengikuti kata hati bukan masalah.

Namun harus tetap punya perencanaan yang cukup, matang dan kesiapan diri yang kuat. Jangan sampai perjalanan impian jadi berantakan gara-gara tak ada perencanaan sama sekali. Berikut ini beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum travelling ke luar negeri.

01. Kumpulkan informasi

Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai negara yang akan dituju. Ikuti perkembangan beritanya. Bukan tidak
mungkin harus mendapatkan vaksin atau dikenakan peraturan lainnya sebelum memasuki negara tujuan. Juga bisa bergabung dengan komunitas online untuk negara atau kota yang dituju. Komunitas untuk kaum ekspat juga ada, lho. Biasanya mereka akan berbagi tips berguna untuk para traveller yang baru berkunjung sekali. Cek juga kebijakan penerbangan yang akan digunakan. Jangan sampai perjalanan jadi kacau karena kamu kurang informasi.

02. Pelajari cara berkomunikasinya

Sebaiknya memang menguasai bahasa Inggris agar bisa berkomunikasi dengan penduduk lokal atau petugas yang bisa membantumu di negara tujuan nanti. Meskipun tidak terlalu fasih, setidaknya harus menguasai dasar-dasar komunikasinya. Jika negara yang dikunjungi tidak terlalu akrab dengan bahasa Inggris, juga harus belajar bahasa mendasar yang digunakan di sana.

03. Siapkan visa dan paspor

Ini merupakan hal penting yang perlu disiapkan jauh-jauh hari. Kalau sudah pegang paspor, cek kembali masa berlakunya. Ketahui juga peraturan mengenai visa dan paspor yang berlaku di negara tujuanmu. Tidak semua negara memberlakukan peraturan yang sama, lho. Siapkan juga salinan dokumen-dokumen penting yang perlu dibawa. Ini penting untuk berjaga-jaga seandainya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

04. Informasikan pada bank

Tentunya butuh melakukan penarikan dana di negara yang dikunjungi nanti. Jika berencana melakukan penarikan dan dalam jumlah besar, sebaiknya hubungi bank yang bersangkutan terlebih dahulu. Pasalnya bank bisa saja membekukan rekeningmu jika menjumpai transaksi dalam jumlah besar di luar negeri. Transaksi seperti ini pasti mengundang kecurigaan.

05. Packing

Membawa barang kebutuhan selama di perjalanan dan tempat tujuan jelas penting. Siapkan barang-barang yang benar-benar perlu saja. Tidak perlu membeli barang-barang yang bisa kamu beli di tempat tujuan dengan harga terjangkau. Intinya jangan jadikan perjalananmu ribet dengan barang bawaan yang terlalu banyak. Bawa secukupnya saja. (*/e)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.