Tips Pakai Tabir Surya Saat Berwisata di Pantai

0
422

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Berwisata bahari ke pantai, maupun laut yang kena langsung sinar matahari, umumnya wisatawan mengoleskan tabir surya untuk melindungi kulit. Namun penggunaan tabir surya dari paparan sinar matahari, sebaiknya tidak dilakukan sembarangan. Ada beberapa cantuman label pada produk yang harus Anda cermati seperti berikut.

01. Tingkat SPF

Sun Protection Factor (SPF) adalah penilaian terhadap waktu yang dibutuhkan kulit untuk bertahan dari sengatan sinar matahari saat menggunakan produk. SPF 30, misalnya, berarti bahwa kulit akan terlindungi 30 kali lebih lama dari waktu lazim kulit tersengat sinar UV.

02. Masa pakai

Sama seperti produk kosmetik lain, tabir surya memiliki masa pakai tertentu karena potensi degradasi bahan aktif. Meski tanggal kedaluarsa masih cukup lama, sebaiknya tabir surya hanya dipakai dua sampai tiga tahun setelah kemasan dibuka.

03. Sekali sehari

Terdapat produk tabir surya yang mencantumkan label sekali sehari untuk instruksi pemakaian. Meski begitu, pakar menganjurkan mengaplikasikan ulang tabir surya jika Anda berkeringat atau berenang.

04. Anti air

Produk berlabel waterproof disebut bekerja sekitar 50 persen dari perlindungan awal setelah 40 menit Anda berada dalam air. Ini sebabnya masih perlu untuk mengoleskannya lagi jika berenang dalam waktu lama.

05. Tahan pasir dan keringat

Produk berlabel ini tidak mudah terhapus oleh faktor-faktor eksternal dan lumayan dianjurkan. Namun, Anda tetap disarankan tetap menggunakan pelindung lain seperti topi atau kaca mata.

06. Aman bagi bayi

Produk berlabel ini telah diformulasikan secara khusus agar aman untuk bayi. Namun, uji teoritis itu bisa juga tak berlaku pada bayi yang memiliki alergi tertentu sehingga orang tua sebaiknya lebih cermat memilih produk.

07. Hypoallergenic

Label ini menginformasikan bahwa produk tidak mengandung alergen yang umum diketahui. Tetapi belum ada standar pasti soal ini dan sejumlah studi menunjukkan produk hypoallergenic masih mengandung alergen.

08. Bisa dipakai saat kulit basah

Ini adalah inovasi baru tabir surya dengan bahan kimia tertentu yang memungkinkan air pada kulit basah diserap ke dalam produk. Namun, pakar masih mempertanyakan apakah kulit basah akan mengurangi potensi perlindungan sinar UV dan seberapa lekas produk akan menguap jika kulit mulai mengering. (*/NDY)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.