Mudik Lebaran, Tips Hibur Diri Via Smartphone

0
426

JAKARTA, Bisniswisata.o.id: Lebaran sebentar lagi. Kini, masyarakat Indonesia berbondong-bondong mudik ke rumah sanak saudara, ke kampung halaman. Memang, perjalanan bertemu keluarga melalui proses panjang. Bisa saja tertunda jarak yang panjang dan lama akibat terjebak kemacetan.

Kemacetan berkepanjangan jelas memakan waktu, memakan hati bahkan bikin stress. Namun, ada tips untuk menghilangkan stress, melepas jenuh di perjalanan mudik dengan mendownload sederetan aplikasi di dalam smarphone, sebelum memulai perjalanan mudik.

Beberapa download aplikasi sebagai teman perjalanan mudik juga wisata, antara lain:

01. Aplikasi sosial media

Sosial media barangkali menjadi pilihan pertama netizen saat jenuh mulai menyerang. Mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, Snapchat hingga Path menjadi andalan. Selain itu, aplikasi chat seperti WhatsApp dan Line juga menawarkan linimasa untuk melihat aktivitas teman. Di LINE, pengguna juga bisa menggulir linimasa berita-berita terbaru di LINE Today. Aplikasi seperti Snapchat, Snow, dan Instagram juga memungkinkan pengguna untuk bermain-main dengan filter-filter. Video dan foto hanya akan bertahan selama 24 jam.

02. Aplikasi film

Pecinta film tak perlu repot membeli kepingan DVD lagi. Netizen bisa memutar film kesayangan di handsetnya melalui beberapa aplikasi. Beberapa aplikasi yang bisa diunduh antara lain adalah Netflix, HOOQ, Iflix, Moviebay dan Google Play Movies and TV. Beberapa di antara aplikasi di atas telah bekerjasama dengan operator Indonesia, misalnya HOOQ dengan Telkomsel dan Iflix dengan Indosat Ooredoo, sehingga pengguna juga bisa lebih berhemat.

Selain itu, ada pula aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk terus mengikuti drama populer dari Korea Selatan dan Asia. Di antaranya adalah Tribe, Viikii dan Viu. Umumnya, aplikasi film bisa digunakan di beberapa perangkat sekaligus mulai dari ponsel hingga TV. Oleh karena itu, pengguna bisa nonton bersama saudara di perangkat yang berbeda.

03. Aplikasi streaming musik

Memutar Winamp bisa jadi sudah sangat ketinggalan jaman. Netizen yang merasa memori ponselnya pas-apaan hanya perlu streaming musik setiap hari tanpa perlu khawatir kehabisan memori. Aplikasi streaming populer termasuk iTunes, Spotify, Soundcloud dan JOOX. Umumnya Soundcloud seperti halnya YouTube menyediakan musik secara cuma-cuma, meski ada pula yang perlu membayar. Sementara itu, aplikasi streaming musik lainnya biasanya memerlukan keanggotaan dan membayar. Berita baiknya, beberapa aplikasi musik seperti Spotify, JOOX, dan Apple Music sering memberikan promo sehingga pengguna tak perlu merasa kantongnya jebol untuk berlangganan.

Setiap aplikasi musik streaming biasanya menawarkan keunggulan tertentu. Misalnya di JOOX, pengguna bisa melihat live streaming acara musik atau wawancara dengan pemusik tertentu yang menjadi bintang tamu mereka. Spotify memiliki koleksi yang sangat lengkap. Tampilan mereka juga lebih ringan dibanding lainnya. Sementara iTunes dan Apple Music terintegrasi dengan Siri untuk memudahkan pengguna perangkat Apple memutar musik.

04. Aplikasi games

Gamers perlu jeli dalam memilih game. Jika memilih game yang terlalu berat, baterai akan cepat menyusut dan akan menyulitkan di perjalanan. Ada baiknya gamers memilih game yang tidak terlalu berat namun cukup menantang. Di antaranya termasuk permainan board seperti Bingo Superstar, Sudoku, atau Scrabble. Pengguna juga bisa memilih game permainan yang sekarang sedang ngetren, fidget spinner. Beberapa aplikasinya termasuk Fidget Hand Spinner, Fidget Spinner – Top Hand Fidget Finger, Fidget Spinner – Spin Simulator dan lain-lain.

05. Aplikasi karaoke

Karaoke di mobil bersama teman dan keluarga bisa jadi ide menarik. Beberapa aplikasi karaoke populer termasuk Smule, Musical.ly, dan Sing!. Menggunakan Smule, pengguna bisa menyanyikan lagu secara duet. Namun sayangnya, lagu-lagu populer kebanyakan terkunci jika pengguna belum menjadi anggota premium. Satu lagi aplikasi menarik yang mungkin patut di catat pecinta karaoke yaitu Dubsmash. Pengguna bisa mengikuti lirik atau ujaran lucu dan merekam ekspresi untuk dibagikan di media sosial. Dubsmash tidak seperti karaoke pada umumnya, namun sistemnya mirip dan cukup populer.

06. Aplikasi mewarnai

Sudah banyak handset yang kini dibekali dengan pen atau stylus. Pengguna bahkan yangg sudah dewasa bisa mewarnai di handset. Mewarnai dipercaya bisa membuat seseorang menjadi lebih rileks. Aplikasi yang bisa digunakan termasuk Colorfy, Recoloring, Adult Coloring dan Pigment. Aplikasi ini tidak mengharuskan pengguna untuk menggunakan stylus. Pola yang diwarnai cukup menantang dan akan membuat pengguna lupa waktu. (*/CNN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.