Tips Memilih Wisata Kapal Pesiar Sesuai Kemampuan

0
453
Kapal pesiar berlabuh di pelabuhan Sabang (Foto: Repro Google)

JAKARTA, Bisniswisata.co.id: Urusan wisata kemewahan, salah satu opsi terbaik adalah merasakan kenikmatan pelayanan yang diberikan kapal pesiar. Kapal pesiar pun memiliki banyak jenis dan tingkatannya, sesuai kemampuan biaya yang dimiliki.

Menurut pelancong Jayne dan Jack Lahti yang kerap berwisata menggunakan kapal pesiar, orang akan bisa membedakan mana kapal pesiar terbaik jika sudah sering mencoba pelayanan maupun kapal yang berbeda-beda. “Kami menyukai sebuah kapal pesiar berdasarkan agenda kegiatannya,” ujarnya.

Mereka mengatakan bahwa berpelesir menggunakan kapal pesiar dapat melihat banyak pemandangan indah dengan titik pandang yang berbeda, yakni dari laut. Namun mereka menitikberatkan sisi lain dari pelayanan yang diberikan oleh kapal pesiar itu sendiri.

Menurut studi yang dikeluarkan oleh Cruise Lines International Association, 26 juta penumpang dari seluruh dunia diprediksi akan berpelesir dengan kapal pesiar di tahun 2017. Jumlah ini meningkat dari beberapa tahun ke belakang.

Untuk rentang usia, peminat kapal pesiar biasanya orang dengan usia matang seperti 50 hingga 59 tahun, hingga 60 hingga 74 tahun. Bagaimana jika Anda penasaran melakukan pelesir di atas kapal pesiar namun takut keluar banyak uang? Simak paparannya seperti dikutip dari Huffington Post, Rabu (26/07/2017). Sebagai berikut:

01. Menentukan Budget

Sama halnya dengan semua moda transportasi, musim liburan akan membuat tiket jadi mahal. Begitupula dengan jenis kamar yang eksklusif. Jika memang pengalaman naik kapal pesiar saja yang dicari, lupakan kedua aspek tadi. Teori lainnya adalah, semakin kecil sebuah kapal pesiar, maka semakin mahal biayanya. Hal ini dikarenakan eksklusifitas penumpang.

Kapal pesiar kelas menengah bisa memuat 1,000 hingga 2,000 penumpang, dan semakin besar kapal maka muatan barang pun juga semakin banyak dan mengorbankan aspek kemewahan seperti pelayanan, kebersihan bahkan ketepatan waktu. Perlu diingat, kecilnya kapal pesiar bukan jaminan eksklusif. Berdasarkan banyak ulasan, banyak juga penumpang yang justru bosan karena tidak ada hiburan maupun keragaman kuliner yang disediakan.

02. Memilih Kategori

Kapal pesiar memiliki fiturnya masing-masing yang menjadi andalan untuk menarik tamu. Dari segi ukuran, pelayanan hingga hiburan. Perhatikan pula kapal pesiar yang memiliki kategori rentang usia penumpang, karena tentunya hiburan akan berbeda antara yang lanjut usia dengan yang usia produktif.

03. Paket yang tersedia

Saat membeli tiket kapal pesiar, Anda akan dihadapkan dengan berbagai pilihan paket. Umumnya dikemas dalam paket yang meliputi kamar kabin, makanan, buffet dan minuman. Layaknya pesawat, semua bisa dibeli sebelum berangkat ataupun setelah ada di dalam kapal. Fitur lainnya yang mungkin harus membayar ekstra adalah bar terbuka, restoran spesial, hiburan khusus, koneksi wi-fi, pelayanan 24 jam hingga transportasi dan paket hotel pasca berlabuh.

04. Agenda Kegiatan

Salah satu hal terpenting memilih wisata kapal pesiar adalah agenda kegiatan yang disediakan kapal. Hal tersebut meliputi hiburan di atas kapal, pemandangan yang akan dilewati hingga aktivitas menyengangkan lainnya yang dikurasi oleh panitia acara. Beberapa kapal bahkan membuat agenda kegiatan menelusuri kapalnya layaknya sebuah museum bersejarah dilanjutkan dengan pengalaman berpesta layaknya tempo dulu.

05. Makanan

Makanan merupakan salah satu aspek utama kapal pesiar yang kerap dilupakan panitia acara. Itulah sebabnya ada beberapa vendor yang unggul di makanan dan ada yang di aspek kegiatan saja. Sering-seringlah membandingkan ulasan dari orang yang sudah pernah menggunakan jasa kapal pesiar sebelum menghamburkan uang untuk sajian menu yang jauh dari harapan. (*/HPC)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.