Tips Jadi Pelancong Cerdas

0
633

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Tujuan terbesar saat berpergian jauh dalam rangka liburan adalah ingin bahagia. Namun, bukan berarti kita bisa begitu saja bersenang-senang tanpa mempedulikan kondisi sekitar atau hanya sekadar datang ke lokasi wisata untuk ber-selfie ria.

Kita patut menjadi seorang pelancong yang smart, cerdas agar kita dapat benar-benar merasa bahagia saat kembali ke rumah. Seorang pelancong yang cerdas dan mempunyai etika tentu saja tidak akan melakukannya, bukan?

Memang bagi yang gemar travelling, selalu dituntut untuk mampu beradaptasi dengan banyak tempat baru dalam waktu yang singkat. Kemampuan tersebut tidak dapat diperoleh begitu saja. Ada tips menarik seperti dilansir huffingtonpost.com, Ahad (05/06/2016):

01. Cari tahu lebih lanjut

Perjalanan Anda akan lebih terencana jika sudah mencari tahu lebih lanjut seputar obyek wisata yang akan Anda kunjungi. Memang, segala hal bisa terjadi tidak sesuai dengan rencana kita. Tetapi setidaknya, ketika kita sudah membuat sebuah rencana perjalanan, kita sudah tahu apa yang harus dilakukan. Dengan membuat sebuah rencana perjalanan, maka Anda juga akan menghemat uang karena sudah memperkirakan biaya yang akan dikeluarkan.

02. Pandai cari alternatif

Dalam sebagian besar aspek dari perjalanan, selalu ada beberapa pilihan seperti moda transportasi yang digunakan, pilihan tempat untuk berkunjung, atau penawaran harga saat berbelanja. Pelancong yang cerdas mampu untuk memanfaatkan alternatif pilihan yang ada. Semakin banyak pilihan tentu semakin banyak pula referensi yang didapatkan.

03. Selalu waspada

Ke mana pun kita bepergian, ada baiknya kita harus tetap berhati-hati. Para pelancong yang tetap waspada ketika melakukan perjalanan, berarti memiliki tingkat kesadaran yang baik. Sebaiknya, ketika melakukan perjalanan ke tempat-tempat yang rawan kasus pencurian, hindari berpenampilan yang terlalu menonjol. Justru dengan berbaur bersama masyarakat setempat saat sedang bertualang atau berpenampilan layaknya orang biasa akan mengurangi kemungkinan untuk menjadi korban pencurian.

04. Taati peraturan dan Hargai penduduk setempat

Dua hal ini memang seringkali luput dari kebanyakan para pelancong. Contoh sederhananya adalah masalah membuang sampah, banyak yang masih merasa karena sampah yang dibuang bukanlah tanggung jawab para pelancong melainkan para petugas kebersihan. Banyak pula peraturan-peraturan lain yang seharusnya tidak dilakukan para pelancong tapi kebanyakan mengacuhkannya, seperti mencorat-coret sembarangan, cara berpakaian yang tidak sesuai dengan momen atau acara tertentu.

05. Jangan Percaya Orang Asing

Saat berada di tempat baru yang jauh berbeda dengan tempat asal anda, jangan pernah percaya informasi yang diberikan oleh orang yang anda tidak kenal. Jika anda bingung arah jalan, lebih baik anda bertanya pada petugas keamanan atau menggunakan GoogleMap untuk petunjuk jalan. Sementara jika anda ingin meminta rekomendasi toko souvenir atau tempat makan murah, anda dapat mencari tahu melalui situs-situs traveler, seperti yang ada di Kaskus atau website khusus traveler seperti TripAdvisor.

06. Melengkapi Berkas Perjalanan

Hal wajib yang tidak boleh anda lupakan adalah melengkapi surat-surat perjalanan anda, seperti passport, visa, sertifikat vaksin, dan asuransi. Surat-surat tersebut adalah senjata anda selama bepergian dan harus selalu di-update ketika ingin bepergian.

07. Sopan-Santun Itu Penting

Alat terbaik dalam menyelesaikan masalah bukan kecerdasan atau pengetahuan anda terhadap kegiatan berwisata, namun tentang sikap anda selama berwisata. Gunakan kata ‘tolong’ dan ‘terima kasih’ sesering mungkin saat bertemu orang-orang baru selama bepergian. Sopan-santun yang kita miliki akan membawa manfaat yang tidak terduga, seperti tumpangan gratis atau sarapan grais dari teman baru. Tidak ada ruginya kan bersikap ramah?

08. Bergabung dengan Komunitas

Agar menjadi pelancong yang cerdas, anda harus mampu menggunakan uang anda dengan tepat, baik sebelum memutuskan berwisata dan selama berwisata. Jadilah pelancong yang aktif dalam komunitas, perbanyak relasi, dan rajin mencari informasi mengenai beragam promo wisata. (redaksibisniswisata@yahoo.co.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.