Tips Hindari Stres Saat Ajak Keluarga Berwisata

0
466
Turis asing nikmati Akurium Raksasa di Dubai Mall (Foto: http://www.travelognesia.com)

JAKARTA, Bisniswisata.co.id: Sangat menyenangkan untuk bisa melakukan perjalanan wisata dengan keluarga. Namun, jika tidak dengan merencanakannya dengan matang, perjalanan wisata bisa menambah stres, apalagi jika pergi dengan anak kecil.

Dilansir dari Travelers Today, Ahad (21/05/2017) berikut ini ialah beberapa tips agar perjalanan wisata dengan keluarga menjadi lebih menyenangkan:

01. Istirahat cukup
Ketahuilah bahwa melakukan perjalanan wisata dengan anak akan terasa melelahkan. Jadi, persiapkan segala sesuatunya dari jauh hari. Minimal Anda telah mengepak barang bawaan dua atau tiga hari sebelum keberangkatan. Pastikan juga segala dokumen dan rencana perjalanan wisata telah tersusun rapi. Hal itu wajib dilakukan, agar Anda dan pasangan dapat beristirahat dengan cukup, sebelum keberangkatan dan selama keberangkatan. Tidur dengan waktu yang cukup dapat membantu mengurangi stres, yang akan berakibat emosi jiwa selama perjalanan wisata.

02. Rancang keseruan

Agar seluruh anggota keluarga semangat untuk melakukan perjalanan wisata, rancanglah keseruan dari jauh hari. Keseruan bisa dimulai dengan merencanakan perjalanan wisata ke tempat yang disukai, bukan hanya Anda, tapi juga seluruh anggota keluarga. Jika sudah menemukan tujuan wisata yang diinginkan, cari tahu mengenai hal-hal menarik di sana, sehingga seluruh anggota keluarga menjadi semakin tak sabar untuk berangkat.

03. Patuhi rencana perjalanan

Sangat penting untuk bisa menjalani seluruh rencana perjalanan yang telah disusun, agar Anda tidak pusing merancang ulang di tengah perjalanan. Abadikan juga segala momen yang dilewati bersama, karena perjalanan wisata bersama anak yang masih kecil tidak akan terulang dua kali.

04. Hindari Benda Berbahaya

Saat memilih mengunjungi objek atau atraksi wisata, pastikan hal tersebut tidak membahayakan anak. Cari tahu informasinya sebelum datang membeli tiket melalui situs atau blog wisata. Begitu juga dengan hotel. Sesampainya di kamar, ingatkan anak untuk menjauhi benda yang tajam, keras, licin atau dialiri listrik seperti ujung meja, bak kamar mandi atau soket listrik.

05. Minta Maaf

Tak sedikit wisatawan yang merasa terganggu dengan wisatawan lain yang membawa anak. Bukan salah anak jika berlarian ke sana kemari, namun bagi orang yang butuh ketenangan hal itu bisa jadi menyebalkan. Jangan sungkan untuk meminta maaf jika perilaku anak terasa mengganggu orang lain, meski orang tersebut belum mulai marah-marah. (*/TTC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.