Tips Hemat Anggaran Saat Libur Panjang

0
809

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Libur panjang memperingati Idul Adha, sudah tiba. Sejumlah kegiatan mungkin telah direncanakan untuk mengisi liburan. Meski demikian, jangan sampai kegiatan liburan itu mengganggu keuangan Anda.

Hendaknya menggunakan anggaran sendiri atau tabungan untuk berwisata sehingga pulang kampung berkumpul bersama keluarga, membeli hewan kurban, bahkan hanya liburan di dalam kota Jakarta saja, atau yang lainnya yang perlu biaya dikeluarkan untuk hewan kurban, transportasi, makan dan akomodasi.

Alokasi biaya liburan sebaiknya jangan digunakan dari dana kebutuhan sehari-hari. Bila dana sudah dianggarkan untuk pengeluaran hewan kurban sebaiknya tetap dengan rencana itu, kalau ada sisa baru dipakai untuk kegiatan lain saat liburan. Dan, Jangan terlalu dipaksakan.

Mengutip Telegraph, berikut beberapa cara berhemat pada saat liburan:

01. Tentukan tujuan & tema liburan

Tujuan ini penting agar tidak berantakan. Juga pilihan tema liburan sangat diperlukan, apakah pulang kampung sambil berwisata. Atau berwisata alam, tempat rekreasi, ke pantai yang sesuai atau belum pernah dikunjungi. Penetuan tujuan dan tema liburan ini, juga ada kaitan dengan anggaran dana yang disiapkan.

02. Berapa lama berlibur

Penentuan waktu untuk berlibur ini juga penting. Bila waktu menginap pendek, jelas akan lebih hemat anggaran. Juga pilih tempat menginap yang sebaiknya di dekat tempat wisata. Memang tempat menginap seperti itu biasanya cukup mahal, tetapi jika Anda memilih lebih cermat, Anda dapat mendapatkan penginapan yang murah, seperti homestay.

03. Tetapkan transportasi

Bila menggunakan pesawat terbang, sebaiknya memesan tiket jauh hari sebelum waktu liburan. Lebih baik gunakan tiket promo. Dan jika menggunakan kendaraan pribadi, pikirkan bahar bakar karena siap-siap menghadapi kemacetan. Juga harus membayar masuk ke tempat wisata, parkir di tempat wisata yang Anda kunjungi. Bahkan, jika gunakan transportasi umum seperti bus, kereta api harus memasan lebih awal agar harga tidak melonjak jika bertepatan saat padatnya masyarakat memakai transportasi umum.

04. Bawa makanan sendiri

Bepergian dengan keluarga apalagi menggunakan kendaraan pribadi, tentunya tidak lengkap tanpa adanya acara makan bersama. Di beberapa tempat liburan, makanan yang ditawarkan terlihat menarik dan nikmat. Sayangnya, bentuk makanan ini tidak sebanding dengan harganya. Harga yang cukup mahal, ditambah jumlah anggota keluarga yang cukup banyak, tentunya memaksa Anda untuk merogoh kocek dalam-dalam. Demi menghindari permasalahan ini, Anda dapat membawa makanan sendiri. Selain lebih murah, makanan yang dibuat sendiri tentunya lebih sehat dan kualitasnya terjamin.

05. Jangan gunakan kartu kredit
Saat berlibur, seringkali mata kita tertarik dengan banyak benda menarik, maupun oleh-oleh khas dari tempat wisata tersebut. Untuk mencegah kita menghamburkan uang, Anda harus meninggalkan kartu kredit Anda di rumah. Kartu kredit seringkali digunakan untuk membeli barang-barang yang tidak berguna, terlebih pada saat liburan. Dengan menggunakan uang tunai, Anda akan menyadari bahwa uang yang Anda miliki terbatas, dan harus digunakan sebaik-baiknya.

06. Buat daftar oleh-oleh

Sebelum Anda pergi berlibur, Anda harus membuat anggaran seberapa besar uang yang akan Anda gunakan untuk liburan kali ini. Jangan lupa untuk membuat daftar oleh-oleh yang akan Anda beli, dan siapa saja yang Anda akan berikan oleh-oleh. Daftar ini berguna untuk membatasi pengeluaran Anda dalam belanja oleh-oleh.

07. Beaya tak terduga
Beaya tak terduga pasti saja keluar. Seperti jika membawa anak kecil pasti ingin naik kuda atau permainan atau membeli mainan. Juga kadang mata memandang ada souvenir menarik, unik, dan tak ada ditempat lain pasti pengin beli. Juga hal lain yang tiba-tiba muncul dan tak terduga sebelumnya. Karena itu persiapakan dengan anggaran lebih. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here