Tips Bawa Bayi di Pesawat

0
1047

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Liburan akhir tahun telah tiba. Wisata bersama keluarga ke destinasi di dalam maupun luar negeri sudah disiapkan secara matang. Namun pasti saja ada aral rintangan, yakni bayi. Kenapa? Orang tua kadang ragu membawa bayi bepergian dengan pesawat. Kekhawatiran akan kenyamanan dan keselamatan bayi, akhirnya membuat orang tua lebih memilih kendaraan roda empat. Padahal, ada beragam tips membawa bayi di pesawat, seperti yang dipaparkan berikut ini.

Pesan tiket pesawat minimal sebulan sebelum keberangkatan. Selain memastikan Anda mendapat tiket pesawat promo, hal ini juga memungkinkan Anda menyesuaikan kebutuhan penerbangan lebih leluasa menentukan tempat duduk.

Waktu penerbangan paling pas untuk membawa bayi adalah saat jam tidur bayi. Penerbangan dekat sebaiknya Anda lakukan di siang hari (waktu tidur siang bayi), dan untuk penerbangan jauh biasakan pilih malam hari. Dengan begitu, aman dan nyaman naik pesawat bersama bayi terwujud. Demikian tips yang dilansir laman tabloid-nakita.com.

Pilihlah tempat duduk bagian depan, karena inilah kursi paling cocok untuk penumpang dengan bayi (terutama di pinggir lorong). Selain tenang karena jauh dari turbin pesawat, kursi prioritas ini juga memudahkan Anda untuk keluar masuk pesawat dengan cepat, serta jarak antar kursinya lebih luas dan nyaman untuk bayi.

Bawalah perlengkapan utama bayi ke dalam kabin seperti ASI yang sudah diperah dan makanan bayi secukupnya, mainan kecil favorit si bayi, popok, tisu basah khusus bayi, dan minimal satu baju ganti. Simpan dalam satu tas berukuran kecil yang mudah Anda akses di kabin.

Tips membawa bayi di pesawat berikutnya adalah memastikan bayi mengenakan pakaian hangat namun mudah untuk dipakai maupun dilepas. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan bayi muntah atau terkena tumpahan makanan dan susunya. Anda jadi tidak perlu ke toilet jika harus mengganti baju bayi.

Salah satu penyebab bayi rewel di pesawat adalah rasa lapar. Apalagi menu khusus bayi masih terbilang jarang tersedia di pesawat. Oleh karena itu, beri bayi makan secukupnya sebelum penerbangan.

Selain lapar, sakit telinga yang disebabkan oleh perubahan tekanan udara di pesawat juga salah satu yang menyebabkan bayi rewel. Untuk mencegah hal tersebut, susuilah bayi saat lepas landas dan mendarat. Alternatif lain bisa dengan memberinya biskuit untuk dihisap. Jangan lupa bawa kain khusus menyusui ke dalam kabin agar Anda tetap nyaman saat harus menyusui di kursi penumpang.

Pegang bayi dengan mantap agar tidak mudah tergelincir terutama saat terjadi perubahan turbulensi pesawat. Jangan pernah lepaskan perhatian Anda dari sang bayi kesayangan. Beberapa maskapai penerbangan ada yang menyediakan sabuk pengaman khusus untuk bayi, atau tempat duduk sendiri. Namun biasanya itu berlaku untuk bayi usia di atas setahun.

Sebaiknya Anda tidak terbang berdua saja. Ajak satu orang dewasa lain saat Anda memutuskan untuk terbang bersama bayi. Orang tersebut dapat membantu Anda menjaga bayi, terutama jika sesekali anda perlu ke toilet sendiri. Selamat bepergian dengan pesawat. Semoga aman dan nyaman naik pesawat bersama bayi. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here