Tips Bawa Barang Bawaan Saat Mudik

0
752
Mudik lebaran (Foto: edorusyanto.wordpress.com)

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Tidak terasa Idul Fitri semakin dekat dan persiapan bagi yang hendak pulang kampung atau mudik mulai dicicil dari sekarang. Tercatat, lebaran 2015 terdapat 11,36 juta orang yang mudik dan dimungkinkan akan bertambah di tahun ini.

Untuk itu, Anda harus memiliki persiapan yang matang dalam mengantisipasi peningkatan jumlah pemudik yang berdampak pada padatnya lalu lintas, waktu tempuh, kenyamanan, serta keamanan sepanjang perjalanan mudik.

Semakin lama waktu tempuh, tentu persiapan pun harus semakin cermat. Mataharimall.com, dalam siaran persnya, Rabu (15/6/2016), memberikan daftar barang-barang yang sebaiknya dibawa untuk membuat perjalanan mudik semakin nyaman. Berikut ini adalah sembilan barang yang wajib Anda bawa saat mudik.

1. Kartu tol

Tentu akan lebih simpel apabila pemudik tidak membawa uang tunai yang banyak. Transaksi non-tunai (cashless) yang tengah digalakkan pemerintah dan Bank Indonesia menjadi pilihan yang cukup bijaksana. Anda dapat membawa kartu tol, maupun voucher sesuai kebutuhan sehingga tidak perlu repot mencari uang pas dan pastinya akan mempercepat waktu transaksi.

2. Powerbank

Telepon gengam kini menjadi gaya hidup yang tiddak bisa terlepas dari genggaman. Untuk itu rasanya perlu membawa powerbank dan charger mobil di mana kamera dalam smartphone bisa digunakan mengabadikan perjalanan atau selalu update di media sosial. Pastikan powerbank yang dibawa mencukupi pengisian daya selama perjalanan hingga sampai tempat tujuan.

3. Bantal leher
Mudik menggunakan mobil, bus, kereta, kapal laut, maupun pesawat dengan jarak yang jauh cukup melelahkan tubuh apalagi bagian leher yang tidak tertopang saat tidur. Perlu sekali Anda memasukkan bantal leher ke dalam list barang bawaan Anda agar tidak mengalami nyeri leher. Pilihlah bantal leher yang terbuat dari bahan yang empuk namun tetap menjaga posisi leher Anda selama beristirahat serta ringan dan bisa dibawa kemana-mana.

4. Pakaian hangat
Tubuh yang segar tentu menjadi kunci utama Anda sanggup mudik dengan macet yang tidak bisa diduga. Untuk itu, bawalah pakaian hangat seperti jaket, sweater atau syal karena kondisi cuaca selama perjalanan juga tidak menentu dan Anda harus menjaga suhu tubuh tetap normal dan kondisi badan tetap fit.

5. Gadget untuk hiburan
Bosan pun kadang tidak dapat Anda hindarkan saat perjalanan mudik, hiburan yang berada dalam genggaman pun bisa dimanfaatkan dengan baik. Untuk itu, Anda bisa membawa headset dan memutar musik kesukaan dapat menjadi alternatif. Ada juga hiburan seperti Nintendo atau Playstation Vita biar tidak mati gaya.

6. Kipas angin portable
Terjebak kemacetan di siang hari dengan panas yang menyengat adalah keadaan yang tidak dapat terhindarkan. Anda bisa membawa kipas angin portable sebagai pilihan Anda yang bersahabat.

7. Senter kecil
Hal yang tidak terduga pun kadang bisa datang kapan saja sehingga Anda memerlukan barang secepat mungkin namun keadaan begitu gelap di kendaraan. Alangkah baiknya, Anda siapkan kecil yang bisa dimanfaatkan sebagi penerangan.

8. Perlengkapan P3K
Penting juga bagi Anda yang menjalani mudik dalam kondisi yang tidak fit, untuk itu penting bagi Anda untuk membawa perlengkapan P3K agar perjalanan mudik Anda semakin nyaman. Istirahat yang cukup, pola makan yang teratur, serta mengkonsumsi vitamin dapat membantu meningkatkan stamina. Bawalah obat-obatan pribadi dan perlengkapan medis yang diletakkan dalam satu kotak P3K yang praktis untuk seluruh kebutuhan kesehatan.

9. Perkakas mobil
Terakhir, barang yang penting tentunya adalah membawa komponen dan perkakas mobil apabila Anda mudik dengan kendaraan pribadi. Namun, sebelum melakukan perjalanan juga harus pastikan kondisi kendaraan Anda mulai dari aki, spion, lampu mobil, hingga kelengkapan surat-suratnya. Selain itu, pastikan kotak perkakas terisi dengan lengkap seperti kenmaster, dongkrak hingga ban cadangan serta pompa untuk mengantisipasi hal-hal yang kurang diinginkan. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.