Tips Atasi Kuping Tersumbat Saat Naik Pesawat

0
375

JAKARTA, Bisniswisata.co.id: Pesawat masih menjadi salah satu moda transportasi favorit banyak orang untuk berpergian. Pasalnya, berpergian menggunakan transportasi ini dinilai lebih efisien dan tidak melelahkan dibandingkan membawa kendaraan sendiri dan transportasi umum lainnya.

Namun sayangnya, berpergian menggunakan pesawat kerap menyebabkan telinga tersumbat atau barotrauma telinga (ear barotrauma). Kondisi ini menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman pada telinga yang disebabkan oleh kondisi tertentu.

Spesial THT di Columbia Doctors Midtown, New York, Amerika Serikat, Ana Kim, MD, menjelaskan, barotrauma telinga disebabkan karena adanya perubahan tekanan udara yang cepat, sehingga mengganggu aliran udara normal dari hidung ke telinga. Untuk mengatasinya, Ana menyarankan beberapa cara. Berikut ulasannya seperti dilansir dari Health, Selasa (30/05/2017):

01. Tutup hidung dan mulut

Tutup hidung dan mulut Anda secara perlahan saat merasakan telinga tersumbat. Selanjutnya secara perlahan rasakan udara yang masuk ke telinga tengah. Cara ini dipercaya bisa mengatasi telinga yang sakit saat berada di dalam pesawat.

02. Mengunyah, menguap dan minum air

Mengunyah, menguap hingga minum air bisa membuat telinga kembali normal saat berada di dalam pesawat. Pasalnya, otot rahang terus digunakan saat beraktivitas.

03. Minum obat

Alternatif lainnya adalah mengonsumsi obat afrin yang bisa mengecilkan pembuluh darah dan mengurangi peradangan di rongga hidung. Untuk mencegah penyumbatan telinga, minumlah 10 menit sebelum pesawat lepas landas. Namun, obat ini tidak dianjurkan bagi pasien jantung dan wanita hamil, lantaran bisa mempengaruhi kesehatan. Namun, jika Anda masih merasakan tidak nyaman pada telinga, mungkin hal ini disebabkan oleh penumpukan cairan di belakang telinga. Segeralah lakukan pemeriksaan ke dokter. (*/hea)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.