Tips Agar Si Kecil Tidur Nyenyak di Pesawat

0
441

JAKARTA, Bisniswisata.co.id: Orangtua harus membuat anak merasa nyaman, aman saat di pesawat, khususnya saat si kecil ingin tidur nyenyak saat di pesawat.

Untuk penerbangan jarak jauh dan duduk di kelas ekonomi, tidur nyenyak bukan suatu hal yang bisa didapat dengan mudah. Namun untuk mendapatkan kenyamanan duduk dengan ruang gerak terbatas saja sulit, apalagi untuk tidur nyenyak memang membutuhkan cara tersendiri.

Sebetulnya, ada cara-cara yang bisa dilakukan agar si kecil bisa tidur dengan lelap, aman, nyaman bahkan nyenya selama di pesawat. Skyscanner memberikan beberapa tips diantaranya:

01. Tentukan posisi duduk

Posisi duduk Anda menentukan seberapa nyenyak tidur Anda nantinya. Bagi anak yang masuk dalam kategori cukup mudah tidur, maka kursi di dekat jendela menjadi tempat paling cocok untuk Anda. Di sana, selain Anda dan si kecil bisa menyandarkan kepala, juga “jauh” dari gangguan penumpang lain maupun pramugari/a. Atau memilih kursi di pinggir jalan agar mempermudah proses keluar-masuk, sekaligus tidak menganggu penumpang di samping Anda.

02. Bawa “rumah” ke dalam pesawat

Setelah menentukan posisi duduk terbaik selama di pesawat, tingkatkan kenyamanan Anda dengan membawa “rumah” ke dalam penerbangan Anda. Apa maksudnya? Pastinya anak Anda akan memiliki boneka kesayangan, bantal kesayangan, atau aksesori/properti lainnya yang membuat tidurnya nyenyak. Untuk itu bawalah barang ini dalam perjalanan.

03. Siapkan “perlengkapan perang”

Posisi sudah ditentukan, “rumah” sudah dibawa, maka mantapkan usaha Anda agar dapat tidur nyenyak dengan mempersiapkan “perlengkapan perang” seperti, mendengarkan musik ataupun menyalakan video yang ada di pesawat. Gunakan juga penutup mata untuk menghindari cahaya, dan selimut atau sweater untuk membuat tubuh Anda tetap hangat selama penerbangan.

04. Jangan silang kaki

Ketika anak Anda tidur di dalam pesawat, usahakan agar kakinya tetap lurus. Jika menyilangkan kaki, hal itu menambah beban di kaki yang ditimpahi sehingga bisa menahan laju aliran darah. Jika ini berlangsung dalam periode yang lama, maka besar kemungkinan kaki Anda akan kram atau kesemutan berdiri nanti.

05. Lepas sepatu

Mungkin anak Anda merasa kurang nyaman untuk mencopot sepatu selama penerbangan karena takut menimbulkan bau yang kurang sedap pada penumpang di sebelah Anda. Akan tetapi sebetulnya melepas sepatu akan memberikan kenyamanan ekstra untuk si kecil karena pada dasarnya ketika Anda tidur di rumah, Anda pun tidak menggunakan sepatu. Cara mengakalinya dengan menggunakan kaos kaki. Selain menghindari bau yang tidak diinginkan menyebar, menggunakan kaos kaki juga memberikan kehangatan yang akan menjadikan tidur lebih lelap.

06. Mundurkan kursi

Dalam kondisi normal, posisi tubuh ketika tidur adalah lurus, tapi di dalam pesawat, tidak mungkin mendapatkannya, kecuali memilih terbang di First Class. Yang Anda bisa lakukan adalah memundurkan kursi sehingga tekanan di punggung tidak terlalu besar dan bisa tidur dengan lebih nyenyak. Pastikan saja Anda tidak memundurkan kursi terlalu jauh ke belakang hingga menganggu penumpang di belakang.

07. Jangan paparkan mata dengan cahaya

Anak selalu tertarik untuk bermain gadget saat di pesawat . Padahal, cahaya dari perangkat elektronik itu membuat otak si kecil lebih sulit beristirahat. Akibatnya Anda pun bisa terus terjaga selama penerbangan. Matikan perangkat elektronik dan bergegaslah tidur jika ingin merasa segar setibanya di tempat tujuan. Selamat Mencoba. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.