Tipe Sepatu untuk Wisata Petualang

0
3193

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Berwisata petualangan seperti mendaki gunung, menjejalah alam, memasuki gua dan wisata petualangan lainnya memerlukan berbagai macam sepatu khusus dan spesifik. Memang tergantung medan yang akan akan Anda hadapi. Perbedaan bahan serta desain sepatu sangat mempengaruhi kenyamanan, ketika berpetualang.

Sepatu yang biasa digunakan sehari-hari, walaupun nyaman tetapi belum tentu cocok bahkan sesuai spesifikasi sepatu untuk beraktivitas di medan yang ekstrem. Memilih sepatu yang salah, selain dapat menyebabkan

Ketidaknyamanan di kaki juga dapat berbahaya saat petualangan. Ada lima tipe sepatu yang cocok digunakan ketika berwisata petualangan, seperti dilansir merdeka.com, Rabu (07/10/2015).

01. Hiking boot

Sepatu jenis ini memiliki penampilan yang cukup kokoh dan garang. Memiliki spesifikasi khusus pada bagian atas sepatu yang cukup tinggi serta menutupi dan memberikan perlindungan yang maksimal pada pergelangan kaki. Sol dari sepatu juga dirancang sebagai bantalan yang nyaman bagi kaki dan menghindari terjadinya kaki terkilir.

Hiking boots cenderung memiliki bobot yang cukup berat. Sepatu jenis ini cocok bagi Anda yang membutuhkan perlindungan maksimal pada bagian pergelangan kaki di medan yang ekstrem seperti lumpur, salju, atau medan yang bergelombang dan tidak rata lainnya. Sepatu ini juga cocok untuk digunakan mendaki karena memiliki perlindungan yang memadai jika Anda membawa beban berat.

02. Trail running shoes

Sepatu jenis ini memang biasanya digunakan untuk berlari, namun bagi beberapa pendaki dengan kondisi kaki dan pergelangan yang kuat, sepatu ini dapat menjadi pilihan. Memiliki sol yang mampu memberikan daya cengkeram pada berbagai medan, sepatu ini cukup andal untuk digunakan dalam perjalanan. Dibanding sepatu berpetualang yang lain, sepatu ini memiliki bobot yang paling ringan.

Cocok digunakan untuk berpetualang pada medan yang tidak terlalu keras dan memiliki kondisi kering. Akan tetapi sepatu ini tidak memberikan banyak keamanan pada kaki ketika melalui medan-medan yang ekstrem. Selain itu, sepatu ini juga tidak lebih awet dan tahan lama dibanding jenis sepatu yang lain


03. Hiking shoes

Sepatu jenis ini merupakan pilihan terbaik untuk menjelajah. Memberikan banyak kenyamanan dan lebih tahan kondisi dibanding sepatu jenis trail running. Selain itu sepatu ini juga jauh lebih ringan dibanding hiking boots, sehingga cukup nyaman dan ringan untuk digunakan. Sepatu jenis ini biasanya juga memiliki bahan yang tahan air.

Sempurna digunakan untuk menjelajah dataran yang landai maupun ekstrem. Cocok untuk digunakan mendaki gunung dengan beban yang tidak terlalu berat serta medan yang cukup ekstrem. Hanya saja model dari sepatu ini yang rendah, tidak memberikan perlindungan seperti yang diberikan oleh hiking boots. Akan tetapi sepatu jenis ini merupakan sepatu yang paling populer dan banyak digunakan oleh pendaki ataupun penjelajah lainnya.

04. Approach shoes

Approach shoes merupakan sepatu perpaduan antara sepatu hiking dengan sepatu climbing. Sepatu ini memiliki susunan sol yang memungkinkannya mampu melekat di batu ataupun medan-medan ekstrem lainnya. Sepatu ini pada awalnya didesain untuk memanjat batu. Akan tetapi tampilan tubuh dari sepatu ini lebih menyerupai sepatu jenis trail running agar lebih nyaman dan aman digunakan.

Sepatu ini cocok digunakan jika Anda berpetualang ke tempat yang membutuhkan pendakian serta kenyamanan dalam berjalan. Sepatu ini juga memiliki susunan bantalan yang mencegah kaki Anda terkilir dan mampu meredam goncangan ketika Anda terjatuh. Akan tetapi sepatu jenis ini sebagian besar tidak memiliki bahan yang tahan air sehingga tidak disarankan untuk medan yang basah.

05. Barefoot Shoes

Sepatu ini dibuat dengan menyerupai bentuk kaki dan memberikan perasaan senyaman mungkin pada kaki. Sepatu ini dibuat dengan tujuan untuk membebaskan kaki dan mencegah munculnya cedera dari ketidakcocokan kaki dengan sepatu. Memiliki bahan yang ringan dan lapisan yang sangat tipis, sepatu ini juga merupakan salah satu pilihan untuk berpetualang.

Sepatu jenis ini biasanya dipakai oleh penjelajah berpengalaman untuk medan-medan yang tidak terlalu berat dan melewati banyak air. Bobot sepatu yang ringan menjadi nilai tambah karena membuat kaki tidak mudah lelah. Akan tetapi sepatu ini tidak memberikan keamanan yang ekstra terhadap kaki. Bahan yang cenderung ringan dan desain minimalis, membuat beberapa bagian kaki menjadi rentan untuk cedera. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.