Tingkatkan Kunjungan Wisatawan, KA Bandara Jateng Dicanangkan

0
354
Kereta api (Foto: http://infojalanjalan.com)


SURAKARTA, Bisniswisata.co.id:
Proyek pembangunan kereta api (KA) Bandara Adi Soemarmo, Surakarta menuju Stasiun Balapan dan Stasiun Yogyakarta mulai dicanangkan. Pembangunan kereta itu merupakan salah satu strategi meningkatkan kunjungan wisatawan ke Candi Borobudur, Jawa Tengah.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan Candi Borobudur merupakan salah satu dari 10 destinasi wisata utama yang tengah dibangun pemerintah. Kementerian Perhubungan bertugas menyediakan moda transportasi umum untuk mendukung pembangunan itu.

“Perkembangan di Solo Raya begitu pesat. Kereta bandara ini harus menjadi penghubung di Surakarta dan mendukung wisata Borobudur,” ucap Budi di Bandara Adi Soemarmo, Surakarta, Jawa Tengah, kemarin. Apalagi, kata Budi, KA bandara itu juga menuju ke Stasiun Yogyakarta melalui Stasiun Balapan dan Stasiun Maguwo. Dengan begitu, dia menilai akses menuju Borobudur makin terintegrasi.

“Semua (negara) makin sengit bersaing dan untuk bersaing harus ada daya saing. Negara yang punya daya saing dan cepat melayani baru akan menjadi pemenang. Kita tidak mau ketinggalan,” ucap Presiden Joko Widodo saat meresmikan peletakan batu pertama (groundbreaking) proyek pengembangan kereta Bandara Adi Soemarmo tersebut.

Presiden Jokowi mengingatkan sektor transportasi Indonesia harus efisien guna bersaing dengan negara-negara lain. Karena itu, perlu dibangun berbagai moda transportasi pilihan kepada masyarakat. Salah satunya kereta bandara menuju pusat kota.

“Hampir di semua negara maju, begitu turun dari pesawat sudah ada kereta. Inilah sambungan-sambungan antarmoda yang akan mengefisienkan dan memberikan pelayanan ke masyarakat. Masyarakat semua diberi pilihan. Nah sekarang di Bandara Adi Soemarmo akan dimulai.

” Sebagai informasi, jalur KA Bandara Adi Soemarmo dan Stasiun Balapan akan dibangun sepanjang 13,5 kilometer (km) dengan waktu tempuh 15 menit. Selain meresmikan pembangunan KA Bandara Adi Soemarmo, Presiden Jokowi meninjau pembangunan tol Bawen-Salatiga. Jokowi mengatakan dua tahun mendatang Pulau Jawa bakal tersambung jalan tol.

Tol Bawean-Salatiga merupakan bagian dari proyek tol trans-Jawa yang bakal menghubungkan Jakarta hingga Banyuwangi, Jawa Timur. “Jadi ini merupakan bagian dari tol Jakarta-Semarang, Semarang-Surakarta, Surakarta-Surabaya, dan Surabaya-Banyuwangi. Kita berharap akhir 2018, Jakarta-Surabaya tersambung dan Surabaya-Banyuwangi selesai 2019,” ujarnya. (*/MIO)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.