Tiga Homestay di Pulau Tidung Disegel

0
3598
Jembatan Cinta Pulau Tidung (Foto: tempo.co)

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: – Penindakan tegas terus dilakukan Suku Dinas Penataan Kota Kepulauan Seribu terhadap bangunan yang melanggar Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Penertiban kali ini menyasar Kelurahan Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Selatan. Sebanyak tiga bangunan homestay di kawasan wisata ini disegel karena terbukti tidak dilengkapi IMB.

Kepala Seksi Pengawasan dan Penertiban Suku Dinas Penataan Kota Kepulauan Seribu, Riza Ananta Nasution, mengatakan, sebelum melakukan penyegelan, pihaknya surat memberikan surat peringatan (SP) hingga tiga kali, namun tidak digubris para pemilik bangunan.

“Pemilik bangunan tidak membuat izin dalam membangun. Jadi ya kita hentikan pengerjaannya. Kalau tetap membandel kita bongkar,” tegas Riza, Sabtu (12/9).

Riza mengharapkan, masyarakat patuh terhadap ketentuan membangun dan bersedia mengurus IMB sebelum membangun. Terutama bangunan-bangunan yang diperuntukan untuk homestay.

“Homestay yang kita tertibkan hari ini, masing-masing milik Abu Bakar, Heri dan Aseng. Mereka harus melengkapi persyaratan, apabila tidak, maka akan kita bongkar,” tandas Riza.

Wisata Pulang Tidung di kawasan Kepulauan Seribu kerap dikunjungi wisatawan lokal, nasional maupun mancanegara. Biasannya saat liburan panjang, wisatawan selalu memadatinya. Di saat liburan lebaran misalnya, wisatawan yang datang bisa mencapai 20 ribu pengunjung.

Saat ini, ada sekitar 350 penginapan yang ada di Tidung, yang semuanya penuh saat musim liburan. Penginapan atau homestay itu, semuanya dimiliki warga dan pengusaha Jakarta.

Pulau Tidung memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang datang ke pulau yang memiliki terumbu karang. Pulau tidung juga sangat eksotis karena selain terumbu karang, pantai dan murah meriahnya paket wisata. Pulau Tidung sendiri mempunyai daya tarik yakni jembatan cinta yang biasa dinikmati sama wisatawan baik balita maupun manula.

Bagi masyarakat yang ingin berwisata ke Pulau Tidung, tidak perlu merogoh kantong dalam. Karena, dengan biaya Rp300 ribu, wisatawan bisa datang ke pulau itu juga dapat makan tiga kali sehari. Pada liburan Lebaran tahun ini, harga Rp300 ribu per orang untuk dua hari satu malam dan Rp420 ribu untuk tiga hari dua malam. (end)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.