The Amazing Race, Peluang Emas Wisata Indonesia di Ranah Global

0
545

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Adventure reality show populer, The Amazing Race Asia menjadi peluang emas Pariwisata Indonesia di ranah global. Tercatat 85 juta penonton The Amazing Race yang ditayangkan AXN, merupakan pasar yang besar untuk kampanye wisata Wonderful Indonesia.

“Suatu kebanggaan Indonesia dipilih menjadi salah satu destinasi The Amazing Race Asia musim kelima. Kami akan menyajikan lima destinasi wisata populer. Ada wisata natural, adventure hingga diving,” papar Menteri Pariwisata Arief Yahya saat peluncuran ‘The Amazing Race Season 5’ di Jakarta, Kamis kemarin.

Dipilihnya 5 destinasi wisata itu, lanjut menteri, dalam The Amazing Race Asia season 5 terdapat 10 destinasi di Asia yang menjadi check point. Dari 10 destinasi, lima diantaranya ada di Indonesia.

“Bayangkan acara The Amazing Race sebelumnya ditonton 85 juta penonton, lalu lima kota di Indonesia akan menjadi lokasi untuk lima episodenya, 50 persen acara ini akan kita kuasai untuk menampilkan destinasi terbaik Indonesia, dan ditonton jutaan orang seluruh dunia. Ini kesempatan emas yang tak boleh disia-siakan,” tandasnya serius.

Apa saja 5 destinasi itu? “Sesuai aturan mereka, tidak boleh diungkapkan. Karena nanti tidak ada kejutan, tak ada surprise bagi penontonnya. Karena itu kami dilarang menyebutkan, nggak enak sama mereka,” jawabnya.

Meski demikian, Menpar Arief tetap memberikan sedikit ‘bocoran’, dengan menyebut Bali, Bandung dan Banyuwangi, sembari bercanda. “Yang pasti lima destinasi ini dipilih sebagai top branding yang kita miliki,” tegas Arief.

Alasan memilih destinasi itu, lanjut menteri, karena Banyuwangi punya blue fire, sebuah kawah yang megeluarkan cahaya alami yang menakjubkan. Di dunia ada dua blue fire, selain di Banyuwangi juga ada di Iceland.

Selain itu, Bali yang sudah menjadi destinasi world class. Selain nature yang luar biasa, juga budayanya sangat menarik. Bahkan destinasi lain seperti diving, surving, tempat rekreasi dengan adrenalin yang sangat menantang bagi peserta The Amazing Race, lanjutnya.

Dijelaskan, Indonesia kini tengah gencar menggalakkan sport tourism atau wisata olahraga, yang termasuk dalam agenda kampanye wisata Wonderful Indonesia. “Sport event itu, tidak bisa berdiri sendiri. Misal kalau ada sepakbola di Eropa, pendapatannya lebih besar dari promosi wisata, karena promosi yang baik menjadikan sport event sebagai sport tourism,” lontarnya.

Beberapa program yang sudah mapan dan jadi destinasi rutin di Indonesia adalah ajang balap sepeda Tour de Singkarak, Tour de Flores, Tour de Banyuwangi Ijen, serta yang terbaru, Tour de Jakarta.

Adanya acara Amazing Race Asia – perlombaan adventure keliling Asia semakin membuktikan potensi Indonesia di lini sport tourism sangat bagus. Apalagi Indonesia punya wisata petualangan yang menantang adrenalin peserta The Amazing Race dari Malaysia, Filiphina, Laos, Singapura, Thailand dan Indonesia.

Musim kelima ajang petualangan keliling Asia ini, akan ditayangkan langsung mulai Oktober 2016 di AXN global. Juga Indonesia mendapat kesempatan untuk ditayangkan di pay TV seperti Indovision, Big TV, First Media dan lainnya serta tv nasional yang hingga kini belum ditentukan.

Arief Yahya mewajibkan televisi nasional tak berbayar menayangkan The Amazing Race Asia musim kelima. “Dengan begini jutaan orang Indonesia akan menonton The Amazing Race Asia. Selama ini hanya kurang dari 5 juta orang yang menonton AXN, sedangkan tv free to air yang menonton 200 juta orang,” katanya.

Hal ini penting karena tayangan The Amazing Race Asia yang disiarkan di AXN, saluran Inggris yang terkemuka di Asia memiliki nilai yang tinggi. Dengan jumlah penonton yang mencapai 85 juta jiwa itu media value yang ditaksir akan mencapai 25 juta dolar Amerika atau setara Rp 327 miliar.

Ini baru hanya disiarkan di AXN, belum di televisi lokal yang tak berbayar. Target penonton berusia 18 sampai 40 tahun diharapkan bisa memberikan tambahan media value dengan disiarkannya di televisi lokal yang tidak berbayar.

“Ini valuenya tinggi, 25 juta dolar Amerika atau sekitar 300 miliar. Akan lebih besar kalau disiarkan di tv free to air, akan jadi 50 juta dolar Amerika. Ini untuk ukuran promosi besar,” jelasnya.

Senior Vice President dan General Manager, Sony Pictures Television Networks, Ang Hui Keng menjelaskan The Amazing Race adalah sebuah serial yang merupakan bagian integral dalam kisah hidup AXN, dan dalam pengembangannya sebagai program hiburan realitas di Asia.

“Faktanya, AXN merupakan saluran hiburan regional pertama yang memanfaatkan kekuatan dan popularitas format global The Amazing Race, mengadaptasinya sebagai produksi asli untuk daya tarik lokal dan regional,” ungkapnya.

Tahun ini ada 11 tim baru yang belum pernah terlihat sebelumnya, permisa AXN terhibur dengan melihat pemandu acara populer mereka, Allan Wu dan host pemandu dari Indonesia adalah Tara Basso. (endy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.