Terperosok ke Kawah Merapi, Wisatawan Belum Ditemukan

0
4274
Gunung Merapi malam hari (foto: http://media.travyde.com)

BOYOLALI, test.test.bisniswisata.co.id: Nasib malang menimpa Eri Yunanto (21). Wisatawan lokal asal Yogyakarta terperosok ke kawah Gunung Merapi di Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (16/5) siang. Hingga Minggu (17/5) pagi, belum ada tanda-tanda ditemukan keberadaannya.

Pencarian yang dilakukan tim SAR gabungan, dan relawan terhadap mahasiswa Jurusan Teknik Industri Universitas Atmajaya Yogyakarta tidak optimal. Mengingat, cuaca tidak bersabahat seperti kabut tebal dan cuaca mendung mewarnai pencarian, sehingga Tim SAR mengalami hambatan.

“Untuk saat ini masih kami lakukan pencarian, dengan memberangkatkan lagi 3 tim SRU (Search and Recue Unit) sekitar pukul 10.00 WIB. Meski terhalang kabut dan mendung pencarian tetap kami lanjutkan,” ujar Humas Kantor SAR Surakarta Yohan Tri Anggoro seperti dilansar laman merdeka.com.

Yohan mengatakan, total keseluruhan personel yang diberangkatkan dari SRU 1,2,3 berjumlah 67 orang. Evakuasi ini melibatkan PMI, Basarnas, BPBD Boyolali, TNGM Selo, SAR Klaten, SAR Barameru, Guruh Merapi, SAR DIY, SAR Magelang, Boyolali, Mapala dan warga. “Kami juga mewaspadai terjadinya longsor jika hujan turun. Lokasi kejadian memang sering longsor,” imbuhnya.

Dalam evakuasi itu pihaknya dilengkapi dengan sejumlah peralatan seperti SCBA (self content breathing aparatus) dan alat mountenering. Hingga kini, pencarian terhadap Eri Yunanto terus dilakukan tim SAR.

Kapolsek Selo, Boyolali, AKP Yadiyo, menambahkan, pihaknya sudah mendapat laporan terkait peristiwa tersebut. Namun pihaknya juga belum mengetahui secara pasti kondisi pendaki tersebut. “Kami sudah mengirim tim penyelamat ke puncak. Mereka juga belum memberikan laporan,” pungkasnya. (redaksibisniswisata@gmail.com).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.