Teroris Digasak, Wisatawan ke Danau Tambing Marak

0
2571

PALU, test.test.bisniswisata.co.id: Danau Tambing, salah satu obyek wisata menarik di Sulawesi Tengah, kembali mulai marak dikunjungi para wisatawan lokal, nasional maupun internasional. Maraknya para pelancong setelah penangkapan dua teroris pimpinan Santoso dan latihan TNI di Kabupaten Poso.

“Sebelumnya, kunjungan wisman, termasuk juga wisatawan nusantara dan lokal ke obyek wisata yang terletak di dalam Kawasan Taman Nasional itu sangat sepi. Tetapi dalam dua pekan ini, sudah puluhan wisman yang mengunjungi obyek wisata Danau Tambing,” papar Kepala Bidang Tehnik Konservasi Taman Nasional Lore Lindu (TNLL), Ahmad Yani di Palu, Sabtu (25/4/2015).

Menurut dia, ramainya kembali wisman mengunjungi obyek itu, membuktikan bahwa mereka tidak lagi merasa khawatir akan keamanan dan keselamatan jiwa. Diharapkan kondisi keamanan yang kondusif setelah pascapenangkapan dua teroris dan latihan TNI di wilayah Poso, kunjungan wisman semakin meningkat.

Sepanjang tahun 2015, Danau Tambing mentargetkan kunjungan pelancong asing bisa mencapai 5.000 orang. Pada 2014, dikunjungi sebanyak 3.000 wisman berkunjung ke obyek wisata Danau Tambing atau jauh meningkat dibandingkan sebelumnya.

Danau Tambing berada pada ketinggian ± 1.700 m dpl, dengan luas ± 6 Ha. Merupakan danau berawa yang dikelilingi hutan primer dan memiliki kedalam air hingga 10 meter dan terdapat beberapa jenis ikan air tawar diantaranya mujair, ikan gabus dan lainnya.

Dapat dijumpai pula beberapa jenis burung disekitar danau diantaranya : Pucuk padi hitam, Titihan telaga, Kepodang sungu biru, Elang alap dada merah, Pergan hijau, Cabak Sulawesi, Itik Penjut, Malia Sungu kerdil, Elang ikan kerdil, Mandar dengkur dan Punggok Cinnaban, sehingga cocok dijadikan lokasi pengamatan burung “ Bird Wacthing Area “.

Ada sekitar 270 jenis burung dan 30 persen diantaranya endemik.Artinya, 30 persen burung yang ada di sekitar Danau Tambing tidak ada di tempat lain, kecuali di obyek wisata tersebut. Itu sebabnya, para wisman menyebutnya Danau Tambing “surga” burung. Obyek wisata itu sangat cocok bagi penelitian dan juga pengamatan gerak-gerik dan suara burung.

Untuk melihat aktivitas dan menikmati keindahan suara burung di sekitar Danau Tambing dapat dilakukan pada pagi dan sore hari. Letak Danau Tambing berada sekitar 300 meter sebelah kanan dari jalan jurusan Palu – Napu dengan lebar jalan setapak 1 s.d 1,5 meter menuju danau.

Keindahan alami danau bisa dinikmati dengan berkeliling pinggir danau melewati jalan setapak menuju menara pandang, disepanjang jalan setapak menuju menara pandang dapat dijumpai beberapa anggrek dan jamur pada lantai hutan. Tinggi menara 12 meter yang digunakan sebagai tempat untuk memandang sekeliling danau.

Danu Tambing berada dalam wilayah kerja Bidang Pengelolaan Taman Nasional Wilayah II Makmur dan secara administratif pemerintahan terletak di Kecamatan Lore Utara kabupaten Poso. Berjarak ± 3 jam menggunakan kendaraan roda 2 dan roda 4 dari Kota Palu dengan kondisi jalan yang cukup baik. ***

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.