Teror Brussels, 397 Maskapai Batal Terbang

0
592

BRUSSELS, test.test.bisniswisata.co.id: Aksi pengeboman di Brussel, di bom mengakibatkan sejumlah maskapai domestik maupun internasional membatalkan jadwal penerbangan. Tujuannya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Dari total yang didapatkan, sedkitnya 397 maskapai batal terbang.

Menurut Flightaware, bandara Brussels memiliki 397 pembaatalan penerbangan yang dihitung sejak pukul 08.00 waktu setempat. Bagi maskapai penerbangan yang menuju bandar Brussels pun harus dialihkan. Salah satu maskapai milik Amerika Serikat, yakni American Airlines terpaksa membatalkan penerbangan sebanyak 751 penerbangan dari Brussels ke Philadelphia.

Tak itu saja, Inggris juga membatalkan empat penerbangan ke Brussels. Lalu, Delta Airlines juga membatalkan dua penerbangan. Selain itu, Brussels Airlines, Air France dan Air Canada serta beberapa operator maskapai lainnya juga membatalkan dan mengubah rencana perjalanan maskapai tersebut, demikian dilansir Foxnews, Rabu (23/3/2016).

Tiga ledakan terjadi di jantung kota Brussels, Belgia. Lokasinya berada tak begitu jauh dari kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Brussels. Pukul 08.00 waktu setempat Terjadi dua ledakan di main departure hall di Zaventem Airport, Brussels. Jarak Zaventem-KBRI Brussel sekitar 10 km atau 15 menit dengan kendaraan. Pemerintah Belgia telah menetapkan status Siaga 4 (paling berbahaya).

Sejumlah saksi menyebutkan ledakan terjadi di dekat konter American Airlines di departure hall. Saksi juga sebut beberapa saat sebelum kejadian, sempat terdengar letupan senjata api dan sejumlah teriakan dalam bahasa Arab. Otoritas bandara telah mengamankan lokasi dan mendirikan crisis center.

Pasca ledakan, dilaporkan pula ledakan di metro station Maelbeek, tidak jauh dari kawasan Komisi Eropa dan Parlemen Eropa. Jaraknya 14 km dari Zaventem dan 6,5 km dari KBRI Brussel. Akibat peristiwa ini, stasiun pusat Gare Central dievakuasi.

Pukul 09.19 , Zaventem Airport dalam status “lockdown”. Sementara otoritas bandara mengalihkan seluruh kedatangan ke Antwerp. Seluruh jalur kereta ke bandara juga dihentikan sementara. Bandara Charleroi sekitar satu jam dari Brussel juga dijaga ketat pasukan keamanan, namun belum dilaporkan adanya insiden.

Dinas pemadam kebakaran Belgia menyatakan, sejauh ini setidaknya 21 orang telah tewas akibat rentetan ledakan tersebut. Perinciannya, 11 orang telah tewas dalam dua ledakan yang mengguncang Bandara Zaventem di Brussels dan sisanya di metro station Maelbeek. (*/e)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.